DIY Menerima 1.500 APD untuk Tenaga Medis di Puskesmas dan RS 

Juga menerima 7.500 masker

Yogyakarta, IDN Times - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menerima 1.500 alat pelindung diri (APD) dan 7.500 masker untuk tenaga medis dari pemerintah pusat.

Bantuan ini nantinya dikhususkan bagi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) non rujukan penanganan virus corona atau COVID-19.

Baca Juga: Penjahit Rumahan di DIY Turun Tangan Membuat APD bagi Petugas Medis

1. Disalurkan ke RS non rujukan dan puskesmas

DIY Menerima 1.500 APD untuk Tenaga Medis di Puskesmas dan RS Penerimaan 1.500 APD dan 7.500 masker. IDN Times/Istimewa

Bantuan dikirimkan langsung dengan pesawat B-737/A-7305 dan diserahterimakan secara simbolis kepada Danlanud Adisutjipto Marsma (TNI) Bob Henry Panggabean, didampingi Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Feri Yunaldi, Kamis (2/4). Setelahnya, disalurkan ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY.

"Sudah kami terima dari Danlanud dan rencana hari ini langsung didistribusikan. Mekanismenya melalui Dinas Kesehatan DIY lalu ke rumah sakit non rujukan dan puskesmas," jelas Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, Biwara Yuswantana, Jumat (3/4).

2. Disalurkan ke 54 RS dan 121 puskesmas

DIY Menerima 1.500 APD untuk Tenaga Medis di Puskesmas dan RS Foto hanya ilustrasi APD. (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Biwara yang juga Kepala Pelaksana BPBD DIY itu melanjutkan, total bantuan alat kesehatan akan diserahkan ke 54 rumah sakit dan 121 puskesmas.

"Untuk RS non rujukan masing-masing menerima 15 APD. Kalau Puskesmas masing-masing menerima 10 APD," kata Biwara menambahkan.

Detail distribusi meliputi, Kota Yogyakarta untuk 12 rumah sakit non rujukan dan 18 Puskesmas; Kabupaten Sleman sebanyak 18 RS non rujukan dan 25 Puskesmas; Bantul sebanyam 13 RS non rujukan dan 27 Puskesmas; Kulon Progo ke 7 RS non rujukan dan 21 Puskesmas; dan Gunungkidul sebanyak 4 RS non rujukan dan 30 Puskesmas.

3. Dibagikan sesuai pengajuan

DIY Menerima 1.500 APD untuk Tenaga Medis di Puskesmas dan RS Ilustrasi (IDN Times/Aji)

Sebelumnya ini DIY juga sudah menerima bantuan APD sebanyak 4 ribu buah. Semuanya telah terdistribusi ke rumah sakit rujukan dan tenaga medis maupun non medis yang menangani COVID-19.

Mirip seperti bantuan gelombang pertama, paket 1.500 APD ini bukanlah paket komplet. Meliputi coverall yang terdiri dari seragam dan penutup untuk alas kaki.

Sementara, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemda DIY Berty Murtiningsih menerangkan, bantuan itu rencananya didistribusikan Dinkes DIY sesuai pengajuan permintaan dari fasilitas kesehatan.

"Pembagian tanggung jawab pemenuhan APD, adalah 27 RS rujukan menjadi tanggung jawab Dinkes DIY. Sedangkan untuk Puskesmas, klinik dan RS Non Rujukan pada Dinkes Kabupaten Kota. Dinkes DIY sudah mendistribusikan ke kabupaten/kota masing-masing 250 coverall dan cover shoes," pungkasnya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Tenaga Medis, Molay Produksi APD yang Bisa Dicuci

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya