Pegawainya Positif, Gugas Sarankan Disdukcapil Kulon Progo Ditutup

Yang mau urus dokumen di dinas terkait, harap bersabar, ya!

Kulon Progo, IDN Times - Setelah ada pegawainya yang terkonfirmasi positif COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo merekomendasikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk ditutup selama tiga hari.

Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih jauh serta agar pihaknya melalui Dinas Kesehatan dapat melakukan disinfeksi maupun persiapan lainnya.

"Kami merekomendasikan untuk sementara kantor tersebut ditutup dari Senin (16/11) sampai Rabu (18/11)," kata Koordinator Gugus Tugas COVID-19 Bidang Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami dilansir ANTARA, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Sehari 51 Warga DIY Dinyatakan Terpapar COVID-19

1. Bupati meminta maaf kepada masyarakat

Pegawainya Positif, Gugas Sarankan Disdukcapil Kulon Progo DitutupIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo, meminta maaf kepada masyarakat, karena pelayanan publik terhambat akibat adanya penutupan kantor Disdukcapil Kulon Progo. Dia juga meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Dinas Kesehatan bertindak sigap untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan Disdukcapil.

"Penutupan sementara kantor Disdukcapil ini terpaksa dilakukan seluruh pegawai tidak terpapar COVID-19. Saat ini, pegawai Disdukcapil sudah di-swab, dan semoga hasilnya negatif," terangnyanya.

2. Masyarakat diimbau patuhi protokol kesehatan

Pegawainya Positif, Gugas Sarankan Disdukcapil Kulon Progo DitutupIlustrasi imbauan protokol kesehatan (ANTARA FOTO/Jojon)

Sutedjo turut mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menurutnya, kasus penularan COVID-19 di Disdukcapil, harus menjadi bahan pembelajaran bagi semua orang.

"Jangan sampai kita tidak mematuhi protokol kesehatan selama vaksin COVID-19 belum ditemukan. Kasus Disdukcapil ini juga sebagai pembelajaran buat kami untuk lebih meningkatkan lagi protokol kesehatan di OPD yang melayani pelayanan umum," paparnya.

3. Sebanyak 39 pegawai di-rapid test, 50 persen reaktif

Pegawainya Positif, Gugas Sarankan Disdukcapil Kulon Progo DitutupIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sebelumnya, rapid test telah dilakukan terhadap 39 pegawai Disdukcapil. Hasilnya, 50 persen di antaranya reaktif. Mereka yang reaktif telah menjalani swab test.

"Saat ini, kami masih menunggu hasil swab, semoga hasilnya negatif semua," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati.

Sementara, berdasarkan data Dinas Kesehatan, jumlah konfirmasi COVID-19 di Kulon Progo saat ini mencapai 278 kasus. Sebanyak 20 kasus isolasi rumah sakit, 45 isolasi mandiri, 205 dinyatakan sembuh, dan delapan meninggal dunia.

Baca Juga: Enam Warga Pantai Parangtritis Bantul Dinyatakan Positif COVID-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya