Enam Warga Pantai Parangtritis Bantul Dinyatakan Positif COVID-19

Dispar Bantul akan berkoordinasi dengan gugus tugas

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak enam warga di Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek dinyatakan positif COVID-19.

Kepala Dusun Mancingan, Andri Sarwoko membenarkan enam warganya yang terletak di RT 1 dan RT 7 dinyatakan positif.

"Jadi yang positif COVID-19 sampai hari ini ada enam warga. Empat orang merupakan warga asli dan dua orang lainnya merupakan warga pendatang kontrak atau tinggal satu rumah dengan salah satu pasien positif COVID-19," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (14/11/2020).

1. Diketahui positif COVID-19 saat periksa gula darah

Enam Warga Pantai Parangtritis Bantul Dinyatakan Positif COVID-19Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Warga Mancingan diketahui positif COVID berawal ketika S memeriksakan penyakit gula di RS Santa Elisabeth Ganjuran. 

"Akhirnya petugas kesehatan melakukan tracing kontak erat, sebanyak 10 warga akhirnya dilakukan uji swab. Hasilnya ada empat yang dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Kini seluruh warga yang dinyatakan positif COVID-19 telah menjalani perawatan di RS Elisabeth Ganjuran, Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 dan RSUD Panembahan Senopati Bantul.‎

Baca Juga: Saat Libur Panjang, Parangtritis Paling Banyak Diminati Wisatawan  

2. Lakukan penyemprotan disinfektan

Enam Warga Pantai Parangtritis Bantul Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Adanya warga yang diketahui positif COVID-19, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Parangtritis dan Satgas COVID-19 desa melakukan penyemprotan disinfektan rumah keluarga yang terpapar COVID-19.

"Untuk empat orang warga yang menjalani isolasi mandiri menunggu uji swab, pihak Desa Parangtritis juga sudah menyiapkan logistik untuk kebutuhan makan sehari-hari," ungkapnya.

3. Dispar Bantul akan berkoordinas dengan Satgas COVID

Enam Warga Pantai Parangtritis Bantul Dinyatakan Positif COVID-19Pemukiman warga di kawasan Pantai Parangtritis.IDN Times/Daruwaskita

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Annihayah mengatakan belum mendapatkan laporan enam warga Dusun Mancingan yang daerahnya menjadi objek wisata Pantai Parangtritis. 

"Tadi saya baru saja bertemu dengan Pokdarwis Pantai Parangtritis namun sama sekali tidak ada laporan dari mereka," katanya.

Annihayah mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tingkat kabupaten untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Namun yang jelas atas kejadian ini, saya berharap pelaku wisata setempat benar-benar menjalankan protokol kesehatan secara ketat agar tidak terjadi penularan COVID-19 yang lebih luas," ujarnya.‎

Baca Juga: Ternak Tak Terurus, Pengungsi Merapi Diimbau Tak Jual ke Blantik 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya