Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di Gunungkidul

Prabowo meresmikan 11 titik sumur bor dan pipanisasi

Gunungkidul, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan 11 titik sumur bor dan pengaliran air bersih di Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu (9/8/2023).

Dalam acara tersebut, Prabowo ikut bermain air bersama anak-anak di Pasar Sidowayah Wareng, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, yang merasakan momen sukacita saat air segar mengucur dari pipa yang baru saja diresmikan.

1. Prabowo ikut basah-basahan

Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di GunungkidulPrabowo ikut bermain air bersama anak-anak di Pasar Sidowayah Wareng, Wonosari, Gunungkidul, Rabu (9/8/2023). (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Mengutip keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Prabowo turut berbagi keceriaan dengan anak-anak saat mereka bermain air dari aliran pipa. Terlebih lagi, cuaca saat itu sedang terik.

Anak-anak pun tampak kegirangan ketika Prabowo menghampiri dan menyalami mereka. Prabowo juga ikut bermain air dari kucuran pipa dan menyiramkan air ke wajahnya. Ini langsung membuat warga yang berkerumun bersorak sorai.

Selain itu, Prabowo juga memberikan perhatian kepada para bocah balita yang digendong oleh ibu-ibu di sekitar lokasi.

"Namanya siapa?" tanya Prabowo kepada salah satu bocah yang sedang digendong.

"Rara, Pak," jawab ibu dari bocah tersebut. Prabowo kemudian mencium pipi Rara, dan aksi tersebut tak hanya membuat ibu-ibu yang lain ingin anak-anaknya diperhatikan oleh Prabowo.

2. Gandeng Unhan

Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di GunungkidulPrabowo ikut bermain air bersama anak-anak di Pasar Sidowayah Wareng, Wonosari, Gunungkidul, Rabu (9/8/2023). (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Agar masyarakat Gunungkidul dapat mengakses air bersih dan berkualitas, Prabowo menggandeng Universitas Pertahanan (Unhan). Seluruh sumber air yang telah dibor itu juga telah lulus uji laboratorium Unhan untuk memastikan aman dan layak di konsumsi.

"Bantuan air bersih yang bersumber dari pengeboran tanah semoga bisa bermanfaat untuk semua rakyat terutama masyarakat Kabupaten Gunungkidul," kata Prabowo. 

Peresmian berbagai titik penyediaan air bersih ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Prabowo tak lupa berpesan kepada masyarakat agar menjaga fasilitas air bersih dengan baik dan segera melapor jika terdapat kerusakan.

"Tolong dimanfaatkan sebaik mungkin dan dirawat sarana dan prasarana bantuan sumur bor ini," ucap Prabowo

Baca Juga: 28 Ribu Warga Gunungkidul Berpotensi Terdampak Kekeringan

3. Mampu layani 6 ribu jiwa

Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di GunungkidulPeresmian sumber air di Wareng, Wonosari, Gunungkidul. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Rektor Unhan, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, menjelaskan proyek sumur bor ini dimulai sejak 15 Mei 2023 dan selesai pada tanggal 4 Agustus 2023. Proyek ini termasuk dalam program keempat yang telah dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan.

"Merupakan wujud dari kepedulian Menteri Pertahanan terhadap kebutuhan air, mengatasi dan membantu permasalahan air didaerah-daerah yang kesulitan air," papar Jonni.

Sementara, Bupati Gunungkidul mewakili masyarakat mengungkapkan apresiasinya atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Gunungkidul.

"Suatu kebanggaan dapat dikunjungi serta memberikan bantuan sarana prasarana khususnya untuk air bersih di Kabupaten Gunungkidul ini," kata Bupati.

Fasilitas sumur bor di Gunungkidul ini memiliki kapasitas untuk melayani sekitar 1.760 kepala keluarga (KK) atau sekitar 6 ribu jiwa. Sepuluh titik terletak di daerah Kabupaten Gunungkidul diantaranya Desa Wareng, Desa Girisuko, Desa Purwodadi Tepus, Desa Kedung Keris, Desa Katongan Nglipar, Desa Watusigar Ngawen, Desa Hargomulyo, Desa Ngoro-ngoro Patuk, Desa Salam Patuk dan Desa Bejiharjo. Sementara satu titik yang terletak di daerah Bantul adalah Desa Sitimulyo.

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Gelar Job Fair Berharap Tak Ada Warga Menganggur

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya