Fasad Pasar Beringharjo Akan Di-makeover Jadi Warna Putih Tulang

Sejak 2012, fasad pasar ini identik dengan warna hijau

Yogyakarta, IDN Times - Pasar Beringharjo yang terletak di kawasan wisata Malioboro, Kota Yogyakarta, akan memiliki wajah baru dengan fasad yang dicat putih tulang atau off-white. Sejak 2012, fasad pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta ini identik dengan warna hijau yang menyesuaikan dengan Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: Rumah Hantu Malioboro, Wahana Baru di Jogja yang Bikin Merinding!

1. Sebagai bagian dari ketentuan fasad bangunan di Malioboro

Fasad Pasar Beringharjo Akan Di-makeover Jadi Warna Putih TulangWajah Pasar Beringharjo pada tahun 2008. (Wikimedia Commons/Pras68)

“Perubahan warna cat ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan ketentuan yaitu mengembalikan fasad Malioboro menjadi berwarna putih tulang,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, di Yogyakarta, Minggu (17/4/2022) dilansir Antara.

Ia menuturkan, Pasar Beringharjo memiliki arsitektur indische sehingga akan dicat ulang dengan warna putih tulang. Pihaknya sudah menindaklanjuti ketentuan tersebut dengan mengajukan permohonan pengecatan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Bappeda dan DPUPKP untuk mendapatkan cat dengan warna sesuai ketentuan termasuk tenaga yang nanti melakukan pengecatan,” ungkapnya.

2.

Fasad Pasar Beringharjo Akan Di-makeover Jadi Warna Putih TulangPasar Beringharjo (IDN Times/Febriana Sinta)

Yunianto melanjutkan, cat warna putih tulang untuk Pasar Beringharjo akan diupayakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta lewat sejumlah opsi pengadaan. Misalnya, melalui program corporate social responsibility (CSR) atau dari institusi terkait lainnya.

“Kami tinggal tunggu saja. Sedangkan untuk tenaga yang akan mengecat, bisa saja berasal dari instansi terkait lain atau dari kami atau bisa dua-duanya,” katanya.

Ia mengatakan, Disdag juga telah melakukan persiapan pengecatan. Antara lain, dengan membersihkan dinding sehingga sewaktu-waktu pengerjaan mengecat dapat dilakukan.

“Yang diprioritaskan untuk dicat tentunya fasad pasar yang menghadap ke Malioboro tetapi harapannya, seluruh dinding pasar bisa di cat baru,” paparnya.

3. Berharap dikerjakan sebelum Lebaran

Fasad Pasar Beringharjo Akan Di-makeover Jadi Warna Putih TulangIDN Times/Holy Kartika

Yunianto juga berharap proses pengecatan dapat segera dilakukan. Dengan begitu, Pasar Beringharjo bisa memiliki wajah baru sebelum Lebaran.

“Jadi, pasar pun bersolek siap menyambut libur Lebaran,” pungkasnya.

Baca Juga: Dishub Larang Sepeda Motor Lewat Perlintasan Kereta Api Malioboro    

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya