Dinpar Gunungkidul Siap Adakan Simulasi New Normal di Tempat Wisata

Ditujukan utamanya pada kawasan pantai

Gunungkidul, IDN Times - Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan pihaknya akan melakukan simulasi protokol new normal di kawasan objek wisata.

Selama dua pekan ini, Dinpar Gunungkidul telah merumuskan prosedur pelaksanaan standar (SOP) dengan para pelaku wisata.

"Rencananya, minggu depan kita sudah bisa melakukan simulasi," tutur Harry seperti dikutip Antara, Jumat (5/6).

Baca Juga: Simulasi Protokol New Normal Sektor Pariwisata di DIY Siap Digelar

1. Pengecekan suhu di gerbang retribusi

Dinpar Gunungkidul Siap Adakan Simulasi New Normal di Tempat WisataPetugas himbau wisatawan segera pulang karena obyek pantai masih ditutup. IDN Times/Istimewa

Harry menjelaskan, simulasi tersebut tak hanya dilakukan di objek wisata pantai, tetapi juga destinasi wisata lainnya seperti gua maupun kawasan desa wisata. Namun, kawasan wisata pantai tetap menjadi perhatian yang utama.

Menurut dia, pengecekan suhu terhadap wisatawan dilakukan di gerbang retribusi, sedangkan tempat cuci tangan disiapkan di berbagai titik.

"Kami mulai dari pintu gerbang retribusi melakukan pengecekan suhu dan menyediakan fasilitas air mengalir untuk cuci tangan menggunakan sabun. Wisatawan wajib melakukan prosedur tahap awal tersebut," terangnya.

2. Hasil evaluasi menjadi dasar penerapan uji coba SOP

Dinpar Gunungkidul Siap Adakan Simulasi New Normal di Tempat WisataGoogle Maps/Rissa Fatikhaagustiani

Hasil evaluasi dari simulasi tersebut, kata Harry, akan disosialisasikan kepada para pelaku wisata terkait. Langkah selanjutnya, Dinpar kemudian akan melakukan uji coba penerapan prosedur tetap tersebut.

"Uji coba atau simulasi ini belum membuka objek wisata secara penuh. Uji coba adalah bagian dari penyadaran masyarakat baik itu pengunjung, wisatawan dan para pelaku wisata untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di wilayahnya masing-masing," katanya.

3. Simulasi dimotori Dinpar DIY

Dinpar Gunungkidul Siap Adakan Simulasi New Normal di Tempat Wisata(ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyatakan akan  melakukan simulasi penerapan prosedur operasional standar (SOP) new normal selama masa pandemi COVID-19. Simulasi tersebut rencananya dilakukan di lingkup internal, kemudian secara bertahap dilakukan di lima kabupaten/kota sesuai kesiapan wilayah masing-masing. 

"Minggu depan Insyaallah sudah kita lakukan simulasinya," kata Kepala Dinas Pariwisata, Singgih Rahardjo, Jumat.

Baca Juga: Ibu Hamil Positif COVID-19 Melahirkan Bayi Perempuan Sehat  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya