Anak-Anak di Sleman 'Piknik' ke Amerika

Mereka bertukar pengetahuan budaya dengan siswa asal AS

Sleman, IDN Times - Anak-anak di Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, berkesempatan untuk bertukar budaya dengan sejumlah siswa asal Amerika Serikat (AS). Dalam kegiatan bertajuk 'Piknik ke Amerika' ini, mereka diajak belajar berbahasa Inggris dan mengenal budaya Amerika. 

1. Bagian dari program pertukaran pelajar

Anak-Anak di Sleman 'Piknik' ke AmerikaIlustrasi pertunjukan budaya di Mata Aksara (mataaksara.org)

'Piknik ke Amerika' ini diadakan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara yang bekerja sama dengan Bina Antarbudaya Yogyakarta di TBM Mata Aksara, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, pada 20 Agustus 2022 lalu. Kegiatan pertukaran budaya tersebut adalah salah satu kegiatan tiga siswa asal AS dalam program Youth Exchange Students (YES) Short Term bagian dari American Field Service (AFS) Intercutural Program di Indonesia.

"Mereka harusnya tinggal di Indonesia selama satu tahun pada 2020-2021, situasi pandemi membuat keberangkatan para siswa tersebut dibatalkan,” ujar Koordinator Penempatan Bina Antarbudaya Yogyakarta, Uning Rasyida, dilansir Media Center Kabupaten Sleman pada Senin (22/8/2022).

Baca Juga: Rahasia Lapangan Latihan Piala AFF di Sleman yang Tuai Pujian

2. Anak-anak dari Sleman diajak mengenal budaya AS

Anak-Anak di Sleman 'Piknik' ke AmerikaIlustrasi bendera Amerika Serikat (pexels.com/David Dibert)

Para siswa asal AS tersebut adalah Connor dari Washington, Addysn dari Utah, dan Sarah dari Texas. Mereka mengajak anak-anak dari Ngemplak dan sekitarnya untuk berinteraksi langsung, mengenal negara bagian tempat tinggalnya, tempat-tempat menarik di sana, serta seperti apa sekolah di AS. 

Sementara, anak-anak dari Sleman turut memperkenalkan Sleman dari segi budaya, alam, serta kulinernya. Diskusi tersebut dipandu oleh relawan Bina Antarbudaya Yogyakarta yang juga bertindak sebagai penerjemah.

3. Anak-anak senang bisa mengobrol dengan siswa dari AS

Anak-Anak di Sleman 'Piknik' ke AmerikaPelajar dari AS bertukar pengetahuan budaya dengan anak-anak dari Ngemplak, Sleman. (Dok. Media Center Sleman)

Siswa SD Percobaan Pakem, Aisya (12), mengaku senang bisa berinteraksi langsung dengan para siswa asal AS.

“Menyenangkan sekali bisa berbincang dengan para pelajar asal Amerika. Mempraktikkan bahasa Inggris dan belajar berani berbincang dengan penutur asli bahasa Inggris,” ujarnya.

Sementara, Connor mengatakan anak-anak setempat memiliki semangat belajar yang tinggi dengan mengikuti jalannya diskusi dengan antusias. Meski terkadang harus meminta penjelasan lebih lanjut dari pendamping. 

“Interaksi dan diskusi ini kami yakini memberikan pengalaman dan pemahaman budaya antarbangsa. Memberikan inspirasi dan pengenalan anak-anak di Sleman sebagai bagian dari warga dunia,” ujar pengelola TBM Mata Aksara, Heni Wardatur Rohmah, memungkasi.

Baca Juga: Renovasi SDN Delegan yang Terbakar, Pemkab Sleman Kucurkan Rp1,7 M

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya