Warga Bakar Sampah, Lahan Jati di Guwosari Bantul Terbakar

Kerahkan tiga unit mobil damkar untuk padamkan api

Bantul, IDN Times - Kebakaran melanda lahan pohon jati di Padukuhan Busing, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul, pada Senin (7/8/2023) sekitar pukul 15.20 WIB. Api diduga merembet dari sisa pembakaran sampah daun jati.

1. Seorang warga membakar sampah dari daun kering pohon jati

Warga Bakar Sampah, Lahan Jati di Guwosari Bantul TerbakarKebakaran lahan di Busing, Guwosari, Pajangan, Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran tersebut bermula ketika Mujiono (70) membakar sampah daun jati yang telah mengering di lahannya sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah itu, Mujiono memisahkan daun dari titik api yang telah dibakar dan membiarkan api mati dengan bara yang masih tersisa.

Diduga karena adanya angin, api kemudian merembet ke arah selatan, tepatnya menuju tumpukan sampah di bagian selatan yang berada di lahan milik Pujo (60).

"Sekitar pukul 15.10 tumpukan sampah di lahan milik Pujo terbakar," ujarnya.

2. Warga menghubungi petugas damkar BPBD Bantul

Warga Bakar Sampah, Lahan Jati di Guwosari Bantul TerbakarKebakaran lahan di Busing, Guwosari, Pajangan, Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Selanjutnya, setelah kebakaran terjadi, warga segera menghubungi pemadam kebakaran BPBD Bantul. Tim pemadam kebakaran dari BPBD Bantul datang dengan cepat tiba ke lokasi kejadian untuk memadamkan api yang berkobar di lahan milik Pujo.

"Selang 10 menit petugas damkar BPBD Bantul berhasil memadamkan api," ujarnya.

Baca Juga: Gudang Rosok di Bantul Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

3. Tiga unit mobil damkar dikerahkan

Warga Bakar Sampah, Lahan Jati di Guwosari Bantul TerbakarMobil pemadam kebakaran BPBD Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Jeffry menambahkan bahwa dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, akibat rembetan api yang menjalar, kebakaran tersebut berhasil membakar lahan-lahan yang berada di padukuhan setempat.

"Ada tiga unit mobil damkar yang datang ke lokasi dan satu unit mobil tanki air dari PMI Bantul," ungkapnya.

Baca Juga: Rumah Kosong di Bantul Jadi Sasaran Maling, Gasak Uang dan Laptop

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya