Tertipu Beli Jenglot, Warga Gunungkidul Laporkan Heri ke Polisi

Jenglot tersebut diklaim bisa menarik uang gaib

Bantul, IDN Times - Heri Herlambang (49), warga Lampung yang tinggal di Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, dilaporkan ke Polsek Kretek karena diduga melakukan tindak penipuan. Pelapor mengaku merugi hingga Rp17 juta setelah terbujuk membeli benda gaib berupa jenglot yang diklaim bisa menarik uang gaib.

1. Korban ditawari benda gaib

Tertipu Beli Jenglot, Warga Gunungkidul Laporkan Heri ke PolisiKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry.(Dok.Polres Bantul))

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan peristiwa penipuan itu berawal saat korban atau pelapor Sujid Riyanto, warga Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, ditawari terlapor supaya membeli barang gaib berupa jenglot seharga Rp17 juta pada 16 Juli 2023.

"Terlapor memberi janji atau iming-iming bahwa jenglot itu bisa di gunakan untuk menarik uang gaib dan melancarkan rezeki," katanya, Rabu (16/8/2023).

2. Korban tak kunjung dapatkan uang gaib kemudian melapor ke polisi

Tertipu Beli Jenglot, Warga Gunungkidul Laporkan Heri ke Polisiilustrasi uang. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Jeffry mengatakan, pelapor tak kunjung menerima uang gaib sesuai janji, sehingga akhirnya korban mengalami kerugian hingga Rp17 juta. 

"Korban atau terlapor akhirnya melaporkan kejadian penipuan itu ke Polsek Kretek," ungkapnya.

Baca Juga: Pria di Bantul Ditangkap Usai Jambret Kalung Tetangganya

3. Pelapor serahkan barang bukti penipuan

Tertipu Beli Jenglot, Warga Gunungkidul Laporkan Heri ke PolisiBarang bukti barang gaib berupa jenglot yang diklaim bisa menarik uang gaib.(Dok.Polres Bantul)

Pelapor juga menyertakan barang bukti transfer uang kepada terlapor serta benda gaib berupa jenglot kepada penyidik Polsek Kretek.

"Atas laporan tersebut penyidik masih mendalami laporan korban dan memeriksa sejumlah saksi. Penyidik saat ini juga tengah melakukan pemeriksaan terlapor yang diserahkan warga ke Mapolsek Kretek," pungkas Jeffry.

Baca Juga: 43 Napi di Rutan Pajangan Bantul Terima Remisi HUT RI Ke-78

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya