Tepergok Curi Betel, 2 Pelajar SMP di Bantul Diamankan Warga

Sejumlah barang bukti percobaan pencurian turut disita

Bantul, IDN Times - ‎Masyarakat di Padukuhan Kedungpring, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, menangkap dua remaja di bawah umur yang tengah mencoba melakukan pencurian alat penambang batu jenis betel.

Dua pelaku yang diketahui masih berstatus pelajar SMP, yakni AS (12) dan MSE (14), keduanya merupakan warga Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Mereka telah diserahkan kepada pihak Polsek Pleret untuk pemeriksaan lebih lanjut.

1. Pelaku datang datang ke lokasi penambangan dengan sepeda motor‎

Tepergok Curi Betel, 2 Pelajar SMP di Bantul Diamankan WargaKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, menjelaskan bahwa penangkapan pelaku percobaan pencurian alat penambang batu di Padukuhan Kedungpring berawal pada Sabtu (26/8/2023), sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, korban Giyanto, yang merupakan warga Padukuhan Bawuran, tengah beristirahat di Bukit Batu Padukuhan Kedungpring setelah melakukan aktivitas penambangan batu secara manual menggunakan alat pemecah batu jenis betel.

"Pada waktu istirahat korban yang berada di atas bukit melihat pelaku AS dan MSE datang menggunakan satu unit sepeda motor," ujarnya, Minggu (27/8/2023).

2. Pelaku memasukkan betel ke dalam karung‎

Tepergok Curi Betel, 2 Pelajar SMP di Bantul Diamankan WargaBarang bukti yang disita oleh polisi.(Dok.Polres Bantul)

Kemudian, pelaku AS turun dari sepeda motor untuk mengambil sembilan buah betel dan memasukkannya ke dalam sebuah karung. Sementara itu, pelaku lainnya, yaitu MSE, menunggu di atas sepeda motor.

"Melihat kejadian itu korban selanjutnya turun dari bukit dan mengejar pelaku. Pelaku yang mengetahui kejadian itu langsung meninggalkan betel yang dimasukkan ke dalam karung dan mencoba kabur dengan sepeda motor," ujarnya.

Baca Juga: Tenggelam di Sungai Oya, Pelajar SMK Asal Bantul Meninggal

3. Pelaku diamankan warga dan diserahkan ke polisi

Tepergok Curi Betel, 2 Pelajar SMP di Bantul Diamankan WargaPelaku pencurian betel diamankan warga setelah mencoba melarikan diri. (Dok. Polres Bantul)

Namun, sebelum mereka jauh meninggalkan lokasi, kedua pelaku percobaan pencurian ini diamankan oleh warga setempat. Warga kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak Mapolsek Pleret. Dua pelaku ini selanjutnya diamankan dan dibawa ke Mapolsek Pleret untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Polisi juga mengamankan barang bukti percobaan pencurian di antaranya sembilan buah betel, satu buah karung, satu unit sepeda motor," ujarnya.‎

Baca Juga: Di Bulan Agustus, Polisi Tangkap 13 Pelaku Kejahatan Jalanan di Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya