Target Jumlah Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru Bantul Meleset

Malam pergantian tahun di Parangtritis mencapai 18 ribu wisatawan‎

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Natal dan Tahun Baru meleset dari target yang ditentukan yakni sebanyak 150 ribu wisatawan. Hingga tanggal 31/12/2022 saat malam pergantian tahun kunjungan wisatawan ke Bumi Projotamansari hanya mencapai 102 ribu wisatawan.

1. Malam pergantian tahun di Parangtritis mencapai 18 ribu wisatawan‎

Target Jumlah Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru Bantul MelesetKawasan Pantai Selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Target kunjungan wisatawan ke Bantul tidak tercapai. Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan Bantul menargetkan 150 ribu wisatawan.

"Pada malam pergantian tahun kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis sebanyak 18.096 orang, pantai di sisi barat Bantul sebanyak 1.911 orang. Kunjungan di Gua Selarong 171 orang dan Gua Cerme hanya 23 orang," ujarnya, Minggu (1/1/2023).

2. Penyebab kunjungan meleset‎

Target Jumlah Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru Bantul MelesetIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Target kunjungan wisatawan yang meleset disebabkan faktor cuaca ekstrem dan tidak ada cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2023. "Faktor cuaca dan cuti bersama menyebabkan target kunjungan wisatawan tak tercapai," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Ipung ini menjelaskan dibanding kunjungan wisatawan tahun lalu, jumlah pengunjungnya lebih banyak yakni tembus 138 ribu wisatawan.

Baca Juga: Wisatawan Diminta Waspadai Palung di Objek Wisata Pantai di Bantul

Baca Juga: Polda DIY Klaim Kasus Kejahatan Tahun 2022 di Jogja Turun  

3. Kunjungan wisatawan tahun ini lebih banyak di Kota Yogyakarta

Target Jumlah Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru Bantul MelesetTugu Yogya (pixabay.com/sendywulandh)

Kunjungan wisatawan saat Nataru 2023 ini kata Ipung lebih banyak di perkotaan yakni di Titik Nol Kilometer dan Tugu Jogja. 
"Mungkin takut hujan, sehingga memilih lokasi yang gampang untuk mencari tempat berteduh dan lokasi tak jauh dari rumah," ungkapnya.

Meski belum tercapai target, namun kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis saat libur Natal dan tahun baru mencapai enam hingga sembilan ribu wisatawan.
"Ada kenaikan yang sangat signifikan namun belum bisa memenuhi target kunjungan wisatawan selama Nataru 2023," pungkasnya.‎ 

Baca Juga: Pergantian Malam Tahun Baru, Warga Jogja Pesta Kembang Api 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya