Wisatawan Diminta Waspadai Palung di Objek Wisata Pantai di Bantul

Palung terbesar ada di Pantai Baru dan Pantai Goa Cemara

Bantul, IDN Times - ‎Wisatawan yang akan berkunjung ke pantai di Kabupaten Bantul untuk mewaspadai adanya palung.

Sejumlah pantai di wilayah barat Kabupaten Bantul yakni Pantai Samas hingga Pantai Pandasimo memiliki palung yang sangat berbahaya jika wisatawan nekat berenang di daerah tersebut.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul telah memasang rambu-rambu daerah berbahaya (terdapat palung) dan menempatkan personel pada pantai yang terdapat palungnya.

1. Jumlah wisatawan mulai meningkat sejak libur Natal dan Tahun Baru‎

Wisatawan Diminta Waspadai Palung di Objek Wisata Pantai di BantulPantai Goa Cemara (instagram.com/shellyhf56)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul, Nugroho mengatakan sejak libur Nataru pada 23/12/2022 yang lalu jumlah wisatawan terus meningkat. Nugroho memperkirakan puncak kunjungan wisatawan terjadi pada tanggal 1/1/2023 yang akan datang.

"Kita siagakan 30 personel untuk menjaga enam pantai yang ada di wilayah Bantul bagian barat didukung personel dari TNL AL, Polairud Polda DIY, Polair Polres Bantul dan personel dari Basarnas Yogyakarta yang melakukan pemantauan secara mobile," katanya, Jumat (30/12/2022).

2. Enam pantai di Kabupaten Bantul terdapat palung yang berbahaya

Wisatawan Diminta Waspadai Palung di Objek Wisata Pantai di BantulPantai Samas di Kabupaten Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Nugroho menambahkan dari enam pantai yang ada di wilayah barat Bantul terdapat palung yang cukup besar yakni di Pantai Baru dan Pantai Goa Cemara. Keberadaan palung juga berpindah-pindah. Demikian pula empat pantai lainnya juga terdapat palung meski tidak besar yakni di Pantai Baru dan Pantai Goa Cemara.

"Di lokasi yang ada palung sudah kita beri rambu-rambu bahaya dan larangan mandi di laut," ujarnya.

Dengan jumlah personel SAR dan petugas lainnya yang terbatas, Nugroho berharap wisatawan menaati imbauan dari petugas yang ada sehingga kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi.

"Kami tidak ingin wisatawan yang datang untuk senang-senang namun justru berakhir dengan duka," katanya.

Baca Juga: Juru Parkir Tempat Wisata Nakal, Dishub Bantul Janji Tindak Tegas 

Baca Juga: Jadi Tersangka, Polisi Panggil Pelatih Gulat Bantul Pekan Depan 

3. Gelombang laut saat ini ketinggiannya mencapai empat meter

Wisatawan Diminta Waspadai Palung di Objek Wisata Pantai di BantulIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sementara untuk kondisi gelombang laut saat ini mencapai empat meter. Nugroho menyatakan ketinggian gelombang akan terus berlangsung hingga bulan Januari mengingat puncak musim hujan terjadi pada bulan Januari hingga Maret.

"Kondisi angin yang kencang memicu terjadinya gelombang pasang. Namun sejauh belum berdampak pada kerusakan bangunan yang ada di pesisir pantai," ungkapnya.‎

Baca Juga: 3 Destinasi di Bantul Gelar Konser Musik di Malam Tahun Baru

Baca Juga: BMKG Perkirakan Cuaca Esktrem di Bantul hingga Februari 2023 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya