Tabrakan Karambol di Wojo Bantul, Bus Telat Ngerem

Kecelakaan ini melibatkan 7 mobil dan sebuah bus

Bantul, IDN Times - ‎Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Ring Road Selatan Bantul atau di Jalan RR Ahmad Yani, tepatnya di timur Simpang Empat Ring Road Wojo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, pada Rabu (5/7/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.  

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, sejumlah kendaraan roda empat dan sebuah bus mengalami kerusakan akibat tertabrak bus dari arah belakang.

1. Bus menabrak barisan mobil yang berhenti di lampu merah

Tabrakan Karambol di Wojo Bantul, Bus Telat NgeremKasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan kejadian kecelakaan karambol di timur Simpang Empat Ring Road Wojo berawal saat sejumlah kendaraan roda empat berhenti di lampu merah. Dari belakang, melaju bus dengan nomor polisi DD 7888 MT yang kemudian menabrak Toyota Innova Reborn bernopol AB 1364 PX. Mobil tersebut terdorong masuk jalur lawan arah dan bertabrakan dengan Toyota Avanza bernopol AB 1691 HA yang melaju dari arah barat ke timur.

"Bus yang menabrak Toyota Innova Reborn dengan nomor polisi AB 1364 PX terus melaju ke depan dan menabrak Toyota Innova Reborn dengan nomor polisi H 1772 GZ," kata dia.

Tabrakan kemudian berturut-turut terjadi antara mobil Toyota Innova Reborn bernopol H 1772 GZ, Toyota Innova Reborn bernopol AB 1379 OY, Isuzu pikap bernopol AB 8738 AA, Honda Freed bernopol AD 1293 CL, serta Honda HRV bernopol AB 60 EY.

"Sehingga terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah mobil," ucapnya.

2. Kerusakan kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan beruntun‎

Tabrakan Karambol di Wojo Bantul, Bus Telat NgeremLaka karambol di Simpang Empat Ring Road Wojo, Bantul.(Dok.Istimewa)

Akibat kejadian tersebut bus mengalami kerusakan bagian depan yakni kaca pecah, Toyota Innova Reborn AB 1364 PX ringsek bagian depan, Toyota Avanza AB 1691 HA lampu depan dan bemper depan pecah. Kemudian, Toyota Innova Reborn AB 1772 GZ dan AB 1379 OY mengalami ringsek di bagian belakang dan depan, Isuzu pikap AB 8738 AA rusak pada lampu belakang.

Honda Freed AD 1293 CL mengalami pecah kaca bagian belakang dan Honda HRV AD 60 EY mengalami penyok pada bemper belakang.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," ucap Jeffry.

Baca Juga: Ditemukan 97 Titik Kerusakan Akibat Gempa, BPBD Bantul Mulai Benahi

3. Sopir bus telah mengerem namun jarak terlalu dekat

Tabrakan Karambol di Wojo Bantul, Bus Telat NgeremTabrakan beruntun di Simpang Empat Ring Road Wojo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Rabu (5/7/2023). (dok. Polres Bantul)

Jeffry menambahkan, kecelakaan beruntun itu diduga karena bus melaju dengan kecepatan tinggi. Saat sampai TKP, sopir bus berusaha mengerem namun karena jarak terlalu dekat bus tidak berhenti dan menghantam mobil di depannya.

"Kecelakaan karambol ini masih ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polres Bantul," ungkapnya.‎

Baca Juga: Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-Ubur

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya