Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-Ubur

Belum ada wisatawan yang sampai dilarikan ke rumah sakit

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan wisatawan di Pantai Parangtritis tersengat ubur-ubur beracun saat bermain di tepi pantai pada Selasa (4/7/2023). Sebelumnya, sebanyak 15 wisatawan juga terpapar binatang laut berbentuk tentakel ini.

1. Ada 20 wisatawan yang tersengat ubur-ubur

Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-UburUbur ubur beracun muncul di sepanjang pantai selatan Bantul.(Dok.SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul, Muhammad Arief Nugroho, mengatakan pada Minggu (2/7/2023) hingga Senin (3/7/2023), tidak ada wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Namun, pada Selasa (4/7/2023) sekitar 20 wisatawan jadi korban sengatan ubur-ubur beracun.

"Hari Minggu dan Senin sempat nihil. Namun hari Selasa kemarin ada 20 wisatawan yang tersengat ubur-ubur," ungkapnya, Rabu (5/7/2023).

2. Tidak ada yang sampai dilarikan ke rumah sakit

Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-UburIlustrasi kunjungan wisatawan.(IDN Times/Daruwaskita)

Dari puluhan wisatawan yang tersengat ubur-ubur, sebagian besar adalah anak-anak. Sebab mereka tak menyadari jika ubur-ubur yang berwarna menarik ini beracun, sehingga terkadang jadi mainan anak-anak saat bermain air di pantai.

"Ya, memang paling banyak anak-anak yang tersengat ubur-ubur," ungkapnya.

Menurut pria yang disapa akrab Inu ini, tidak ada korban yang sampai dilarikan ke rumah sakit. Petugas SAR juga sudah memiliki obat-obatan hingga tabung oksigen bagi wisatawan yang mengalami sesak nafas akibat menahan sakit.

"Sampai saat ini masih bisa kita tangani sendiri, tak sampai wisatawan yang tersengat ubur-ubur sampai dilarikan ke rumah sakit," tandasnya.

Baca Juga: Belasan Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-ubur

3. Wisatawan di Pantai Samas hingga Pantai Baru tak ada yang tersengat ubur-ubur

Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-UburIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul, Nugroho, mengatakan sejauh ini belum ada wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Apalagi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Samas hingga Pantai Baru memang tak sebanyak di Pantai Parangtritis.

"Sudah muncul ubur-ubur, namun sejauh ini tidak ada wisatawan yang tersengat ubur-ubur," tandasnya.‎

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Physalia, Kerap Sengat Pengunjung Pantai Jogja

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya