Ditemukan 97 Titik Kerusakan Akibat Gempa, BPBD Bantul Mulai Benahi

Sebagian besar kerusakan adalah bangunan rumah

Bantul, IDN Times - Kerusakan bangunan akibat gempa bumi dengan kekuatan M 6,0 pada Jumat (30/6/2023) terus bertambah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mencatat hingga Minggu (2/7/2023), jumlah kerusakan mencapai 97 lokasi atau titik.

"Data terbaru dampak kerusakan pada Minggu (2/7/2023) pukul 20.00 WIB, kerusakan mencapai 97 lokasi," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah, Senin (3/7/2023).

 

1. Kerusakan bangunan masih dalam kategori ringan

Ditemukan 97 Titik Kerusakan Akibat Gempa, BPBD Bantul Mulai BenahiPenanganan bangunan rumah rusak akibat gempa bumi.(Dok.Polres Bantul)

Menurutnya, sebanyak 97 lokasi dampak kerusakan akibat gempa bumi berada di 16 kapanewon dan 18 kalurahan. Dari 97 lokasi kerusakan tersebut, 88 di antaranya merupakan kerusakan bangunan rumah, lima fasilitas pendidikan, dua fasilitas umum, satu tempat usaha dan satu jaringan listrik.

"Kerusakan bangunan rumah masuk dalam kategori ringan seperti genteng melorot, tembok retak hingga ambrol. Namun bukan tembok bangunan utama rumah," ucapnya.

 

2. 10 warga jadi korban bencana gempa bumi

Ditemukan 97 Titik Kerusakan Akibat Gempa, BPBD Bantul Mulai BenahiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan untuk jumlah korban jiwa mencapai 10 orang, satu orang di antaranya meninggal dunia. Sementara sembilan korban lainnya mengalami luka-luka dan telah mendapatkan perawaratan medis. "Korban hanya menjalani rawat jalan saja," ujarnya.

Baca Juga: Disdik Sleman Catat 1 Sekolah Rusak Akibat Gempa Jogja

3. Tak perlu penetapan status darurat bencana

Ditemukan 97 Titik Kerusakan Akibat Gempa, BPBD Bantul Mulai BenahiIlustrasi penangan kerusakan rumah akibat gempa bumi.(Dok.Istimewa)

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan pasca kejadian gempa bumi telah dilakukan penanganan oleh BPBD bersama TNI-Polri dan sukarelawan.

"Kita juga telah menyalurkan logistik dan bahan bangunan untuk warga yang terdampak gempa di beberapa lokasi," tuturnya.

Agus memastikan penanganan pasca gempa dilakukan oleh Pemkab Bantul dan masyarakat sehingga tidak membutuhkan status darurat bencana gempa.

"Kita masih mampu menangani dan tak tidak memerlukan bantuan dari luar Bantul," ucapnya.

 

Baca Juga: Pasca Gempa Jogja, Jumlah Wisatawan Pantai Depok Bantul Turun

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya