Jalan Menuju Wisata Pantai Rusak, Bantul Siapkan Jalur Alternatif

Kerusakan jalan akibat dilalui truk pasir

Bantul, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul menyebut masih ada ruas jalan yang menuju ke objek wisata di Bumi Projotamansari dalam kondisi rusak. 

Satu ruas jalan yang kondisinya mengalami kerusakan itu yakni Jalan Srandakan-Poncosari. Jalan itu merupakan salah salah akses menuju objek wisata pantai selatan sisi barat seperti ke Pantai Baru hingga Pantai Samas.

1. Kerusakan jalan akibat dilalui truk pasir

Jalan Menuju Wisata Pantai Rusak, Bantul Siapkan Jalur AlternatifKepala DPUPKP Bantul, Aris S (tengah).(Dok.Istimewa)

Kepala DPUPKP Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta mengatakan Jalan Srandakan-Poncosari merupakan jalan yang provinsi sehingga kewenangan untuk pemeliharaannya adalah Pemda DIY.

"Ya memang beberapa ruas jalan ada yang mengalami kerusakan cukup parah akibat dilewati truk yang mengangkut pasir dari Sungai Progo sisi timur," ujarnya, Rabu (20/12/2023).

2. Kirim surat ke Pemda DIY terkait kerusakan Jalan Srandakan-Poncosari

Jalan Menuju Wisata Pantai Rusak, Bantul Siapkan Jalur Alternatifilustrasi jalan rusak (IDN Times/Esti Suryani)

Banyak pengguna jalan yang mengeluhkan kerusakan Jalan Srandakan-Poncosari. Pasalnya, jalan yang rusak itu rawan kecelakaan lalu lintas. Pemkab Bantul juga sudah menyampaikan kerusakan jalan tersebut ke Pemda DIY dengan mengirim surat.

"Ya itu yang yang bisa kita lakukan karena statusnya jalan provinsi," ujarnya.

Baca Juga: 3 Klub Liga 1 Pilih Stadion Sultan Agung Bantul Jadi Kandang

3. Jalan alternatif menuju objek wisata sudah dilakukan perbaikan

Jalan Menuju Wisata Pantai Rusak, Bantul Siapkan Jalur AlternatifPerbaikan jalan di Bantul.(Dok.DPUPKP Bantul)

Aris Suhariyanta menambahkan secara umum ruas jalan yang menuju objek wisata di Kabupaten Bantul dalam kondisi baik. Jalan itu baik berstatus jalan provinsi maupun jalan nasional. 

Kondisinya jalan yang cukup baik itu, kata Aris Suhariyanta, mulai dari jalan menuju objek wisata di Dlingo, hingga Pantai Parangtritis. "Beberapa ruas Jalan Parangtritis yang rusak juga telah dilakukan pemeliharaan atau perbaikan mulai dari Simpang Empat Manding hingga Simpan Tiga Tembi," ucapnya.

Tak hanya itu sejumlah jalan alternatif menuju objek wisata juga dalam kondisi baik. "Jalan alternatif ke Pantai Parangtritis melalui Pundong yang merupakan kewenangan kabupaten juga telah kita perbaiki," katanya. 
 

Baca Juga: RSUD Bantul Siapkan 38 Tempat Tidur untuk Pasien COVID-19

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya