Harga Cabai Menggiurkan Petani Enggan Beralih ke Tanaman Lain

Harga cabai rawit berpotensi terus naik

Bantul, IDN Times - ‎Harga cabai merah besar, keriting dan rawit berpotensi terus mengalami kenaikan. Saat ini pasokan dari petani makin terbatas, sementara kebutuhan menjelang akhir tahun meningkat.

 

1. Hasil panen cabai rawit terbatas

Harga Cabai Menggiurkan Petani Enggan Beralih ke Tanaman LainCabai yang diserang hama patek.(Daruwaskita)

Salah satu pengepul atau pedagang cabai di kawasan Pantai Selatan Bantul, Lusi mengatakan saat ini harga lelang cabai merah besar sekitar Rp37 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp39 ribu per kilogram, dan cabai rawit Rp70 ribu per kilogram.

"Potensi cabai rawit akan meningkat sebab panen dari petani tak sebanyak cabai merah besar atau cabai merah keriting," katanya, Selasa (14/11/2023).

2. Petani enggan mengganti tanaman lainnya

Harga Cabai Menggiurkan Petani Enggan Beralih ke Tanaman LainCabai merah besar jenis imperial.(IDN Times/Daruwaskita)

Luci mengatakan petani di lahan pasir Bantul, enggan mengganti tanaman dengan bawang merah, sebab harga cabai masih tinggi. "Lha panen 50 kilogram saja sudah kelihatan dapat uangnya berapa. Jadi petani masih pertahankan tanaman meski panennya tak banyak," ucapnya.

Saat ini menurut Lusi, cabai rawit paling banyak dipasok oleh petani dari Kabupaten Kulon Progo yang mulai memasuki masa panen raya.

Baca Juga: Tak Mau Timbul Keributan, Bantul Janji Stok Cabai Tetap Mencukupi

3. Petani rawat tanaman agar menghasilkan cabai yang bagus

Harga Cabai Menggiurkan Petani Enggan Beralih ke Tanaman LainIlustrasi petani cabai di Bantul (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara salah seorang petani cabai di lahan pasir, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Sancoko mengatakan jumlah panen cabai merah besar dari petani lahan pasir jumlah menurun cukup banyak. Hal ini terjadi lantaran sudah melewati masa panen raya.

Namun petani tetap mempertahankan tanaman cabai dengan memberi pupuk agar berbuah kembali. "Memberi pupuk agar tanaman cabai bisa berbuah kembali, sebab harga cabai sangat menguntungkan petani," pungkas Sancoko.  

Baca Juga: 2 Orang Korban Keracunan Tahu Guling di Bantul Masih Dirawat

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya