Gerindra Bantul Siapkan Erna Suharsono untuk Pilkada 2024

Erna Suharsono Ingin menata hati, pikiran dan uang dulu

Bantul, IDN Times - ‎Tak hanya kandidat calon presiden yang kini tengah dibidik oleh partai politik untuk maju dalam Pemilihan Presiden (pilpres) 2024 mendatang. Sejumlah parpol juga sudah membidik kandidat untuk maju dalam Pilkada yang akan digelar pada tahun yang sama.

Baca Juga: Wakil Bupati Bantul Canangkan Program Padat Karya 2022‎

1. DPC Gerindra Bantul siapkan kader internal

Gerindra Bantul Siapkan Erna Suharsono untuk Pilkada 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Partai Gerindra Bantul juga tak ketinggalan. Pemilik 8 kursi di DPRD Bantul setidaknya telah mempersiapkan dua kadernya untuk menjadi kandidat calon bupati atau calon wakil bupati Bantul untuk diusung dalam pilkada Bantul 2024.

"Kalau dari kader internal kita memang sudah punya minimal dua jago, yakni Erna Suharsono yang tak lain istri mantan Bupati Bantul dan Enggar Surya Jatmiko yang merupakan salah satu politisi muda Partai Gerindra," ungkap Sekretaris DPC Partai Gerindra Bantul, Darwinto, Senin (27/6/2022).

2. Sosok Erna dan Enggar layak maju dalam bursa pilkada

Gerindra Bantul Siapkan Erna Suharsono untuk Pilkada 2024Erna Suharsono(hijab kuning). (IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Darwinto, Erna Suharsono tak hanya sosok yang humanis dan peduli kepada wong cilik, tetapi juga memiliki kemampuan SDM yang mumpuni. Selain menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul selama lima tahun, kemampuan finansialnya juga tidak perlu diragukan.

"Jadi kalau dalam hal kemampuan SDM, pengalaman kerja hingga finansial saya kira tidak perlu diragukan lagi," ucapnya.

Darwinto mengklaim masyarakat Bantul belum melupakan sosok Erna yang turun ke masyarakat untuk mengkampanyekan pasangan Suharsono-Totok Sudarto dalam Pilkada Bantul 2019 silam.

"Jadi kalau mau maju lagi tinggal menggerakkan mesin-mesin yang dulu telah terbentuk saja. Tidak mulai dari nol," tandasnya.

Selain sosok Erna Suharsono, lanjut Darwinto, DPC Gerindra Bantul juga menggadang-gadang sosok politisi muda, Enggar Surya Jatmiko, yang kini duduk sebagai anggota DPRD Bantul dua periode. Ia menyebut pengalaman Enggar dalam perpolitikan tidak perlu diragukan.

"Politisi muda akan lebih mudah untuk melakukan pendekatan kepada generasi Millennial. Apalagi dalam pilkada 2024 mendatang jumlah pemilih Millennialnya cukup banyak," tuturnya.

3. Siapkan hati, pikiran dan uang sebelum putuskan maju dalam pilkada‎

Gerindra Bantul Siapkan Erna Suharsono untuk Pilkada 2024Mantan Bupati Bantul, Suharsono (kiri) dan Erna Suharsono (kanan). (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Erna Suharsono mengaku butuh persiapan banyak untuk maju dalam pilkada. Baik persiapan dari diri sendiri hingga persiapan finansial yang tidak sedikit.

"Ya nanti lihat situasi dan kondisinya. Kan masih 2024. Sik tak nata ati, pikiran, nata duit (Nanti dulu, saya menata hati, pikiran dan uang," ujarnya sambil tersenyum.

Pemilik nama lengkap Erna Kusmawati ini justru berkelakar dalam waktu dekat ini dirinya bahkan ingin maju mendaftar sebagai bakal calon lurah Bangunharjo sebab dalam waktu dekat akan pemilihan lurah di Bangunharjo.

"Mau jadi lurah saja, Bangunharjo kan kosong. Kebetulan saya warga Bangunharjo," katanya sambil bercanda.‎

Baca Juga: Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin Gayeng

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya