Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin Gayeng

Sudah setengah tahapan pilur yang dijalani panitia

Bantul, IDN Times - ‎Pemilihan Lurah (Pilur) Serentak 2022 di Bantul akan digelar pada 25 September 2022 yang akan datang. Dinamika politik di tingkat kalurahan pun sudah semakin hangat meski belum ada pengumuman resmi calon lurah.

Baca Juga: Bakal Calon Lurah Pilur 2022 di Bantul Mulai Ancang-ancang

1. 6-7 bakal calon lurah bersaing dalam pilur Sidomulyo

Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin GayengSpanduk Pilur 2022 di Kantor Lurah Sumbermulyo Bantul. (IDN TImes/Daruwaskita)

Lurah Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Edi Murjito mengatakan sudah ada 6 hingga 7 orang kandidat kuat yang akan bersaing dalam bursa Pilur 2022 di Kalurahan Sidomulyo.

"Sudah muncul beberapa nama kandidat bakal calon lurah. Sekitar 6 hingga 7 nama sudah santer dibicarakan masyarakat akan maju dalam pilur 25 September 2022 yang akan datang," ujarnya di sela kegiatan monitoring tahapan pilur oleh Komisi A DPRD Bantul di Kalurahan Sidomulyo, Senin (20/6/2022).‎

Edi mengatakan kandidat bakal calon lurah juga mulai melakukan penggalangan masa dan membuat tim sukses. Apalagi pesta demokrasi tingkat kalurahan ini tinggal empat bulan lagi.

"Sudah melakukan persiapan, kan tinggal empat bulan lagi pilur digelar. Yang jelas nantinya akan gayeng," ungkapnya.

2. Panitia sudah melakukan pleno data pemilih sementara

Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin GayengDaftar pemilih sementara Pilur 2022 di Kantor Lurah Sumbermulyo Bantul. (IDN TImes/Daruwaskita)

Edi menjelaskan saat ini pihak panitia pilur Sumbermulyo telah memasuki tahapan ke-12 dari 34 tahapan pelaksanaan pilur.‎

"Saat ini baru saja pleno penetapan daftar sementara pemilih pilur yang mencapai 10 ribu lebih pemilih," ungkapnya.

"Namun saya memperkirakan jumlah daftar pemilih sementara pilur akan berkurang ketika nantinya sudah ditetapkan daftar pemilih tetap pilur yang disebabkan meninggal dan lain-lainnya," imbuhnya.

Edi yang sudah 3 kali menjabat sebagai lurah ini berharap para bakal calon lurah yang nantinya ditetapkan sebagai calon lurah akan membawa kemajuan bagi Kalurahan Sumbermulyo  dan tentunya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ya saya kira semakin banyak calon lurah yang mendaftar semakin bagus. Artinya masyarakat punya banyak pilihan," terangnya.

3. DPRD Bantul berharap kondisi di masyarakat tetap kondusif‎

Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin GayengMonitoring tahapan pilur oleh Komisi A DPRD Bantul.(Daru)

Sementara, Ketua Komisi A, Agus Salim, berharap Pilur Serentak ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan yang ada. Selain itu, saat pelaksanaan pilur maupun pasca-pilur juga berjalan lancar dan aman.

"Saya berharap sebelum dan pasca-pilur, panitia dan masyarakat betul-betul bisa menjaga kondusivitas masyarakat sehingga tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMKal) Bantul, Kurniantoro, mengatakan Pilur Serentak 2022 di Kabupaten Bantul ini digelar di 21 kalurahan. Pelaksanaannya sendiri akan berlangsung pada tanggal 25 September 2022 yang akan datang.

"Pemerintah kalurahan sudah melakukan tahapan-tahapan pilur sesuai dengan Peraturan Bupati terkait tahapan pelaksanaan pilur," katanya, Senin (23/5/2022) yang lalu.

"Ya kalau saat ini bakal calon lurah mulai melakukan sosialisasi, membuat tim sukses adalah hal yang wajar dan tidak ada yang dilanggar. Itu wajar saya," imbuhnya.‎

Baca Juga: PPP Bantul Targetkan Minimal 4 Kursi dalam Pileg 2024

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya