Dapur Rumah Terbakar, Warga Bantul Alami Kerugian Puluhan Juta

Diduga kebakaran dipicu percikan bara api kayu bakar

Bantul, IDN Times - Dapur sebuah rumah di Padukuhan Gandon, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, terbakar pada Senin (31/7/2023) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Rumah tersebut adalah milik Isyuniati, , warga Padukuhan Bagedan, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul.

Penyebab kebakaran diduga akibat percikan api dari sisa kayu bakar yang belum padam setelah digunakan untuk menggoreng keripik singkong.

1. Kronologi dapur rumah warga terbakar

Dapur Rumah Terbakar, Warga Bantul Alami Kerugian Puluhan JutaKasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan peristiwa kebakaran dapur tersebut berawal saat saksi Tamiyati, warga Padukuhan Gandon, membuat keripik singkong di dapur yang dimasak dengan kayu bakar.

Setelah jam 23.50 WIB, Tamiyati kemudian istirahat di kamar tidurnya. Sebelumnya, ia sudah memadamkan api yang ada di tungku dengan air.

"Sekira pukul 01.00 WIB, saksi Tamiyati terbangun dan melihat api sudah besar di bagian dapur," ucapnya.

2. Mobil damkar tiba di lokasi untuk padamkan api

Dapur Rumah Terbakar, Warga Bantul Alami Kerugian Puluhan JutaDapur rumah warga di Padukuhan Gandon, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul terbakar.(Dok.BPBD Bantul)

Melihat api membesar di dapur, Tamiyati membangunkan suaminya, Sarijo, yang masih tertidur di dalam kamar. Karena panik, ia meminta pertolongan kepada warga untuk memadamkan api.

"Namun tak bisa padam dan menghubungi petugas pemadam kebakaran BPBD Bantul," ucap Jeffry.

Tak lama kemudian satu unit mobil damkar BPBD Bantul datang ke lokasi kebakaran dan berhasil memadamkan api.

"Diduga kebakaran dipicu adanya percikan bara api mengenai kayu bakar hingga membakar dua dapur yang salah satunya terbuat dari kayu," ungkapnya.

Baca Juga: Bangunan Kafe Basa Basi di Kasihan Bantul Roboh, Karyawan Terluka

3. Kerugian diperkirakan mencapai Rp30 juta

Dapur Rumah Terbakar, Warga Bantul Alami Kerugian Puluhan JutaDapur milik warga Palbapang Bantul terbakar.(Dok.BPBD Bantul)

Lebih lanjut, Jeffry mengatakan akibat kebakaran dapur tersebut pemilik rumah mengalami kerugian hingga Rp30 juta.

"Untuk kerugian pemilik rumah diperkirakan mencapai Rp30 juta," ujarnya.

Baca Juga: Anggaran Perawatan LPJU di Bantul Masih Minim, MCB Kerap Dicuri

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya