H+1 Natal, Kunjungan Wisata ke Pantai Parangtritis Turun

Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (24/12/2023)

Bantul, IDN Times - Kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok mengalami penurunan pada H+1 momen Natal 2023. Hingga pukul 13.00 WIB jumlah pengunjung ke pantai paling favorit di Kabupaten Bantul tercatat hanya tercatat sekitar 6 ribu wisatawan. Menjelang sore jumlah wisatawan diperkirakan bertambah sekitar 5 ribu hingga maksimal 6 ribu wisatawan.

1. Cuti Natal tak mendongkrak kunjungan wisatawan

H+1 Natal, Kunjungan Wisata ke Pantai Parangtritis TurunKunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Layanan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan puncak kunjungan wisata pada momen libur Natal terjadi pada hari Minggu (24/12/2023) yang mencapai 21 ribuan wisatawan disusul pada Senin (25/12/2023) mencapai 16 ribuan ribuan wisatawan.

"Jadi memang puncak kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Depok terjadi pada Minggu (24/12/2023) wisatawan," ujarnya, Selasa (26/12/2024). "Libur atau cuti bersama Natal pada Selasa (26/12/2023) tak mendongkrak kunjungan wisatawan."

2. Kunjungan wisatawan pada Selasa (26/12/2024) hingga pukul 13.00 WIB

H+1 Natal, Kunjungan Wisata ke Pantai Parangtritis TurunTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu petugas Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) induk Pantai Parangtritis, Roni, mengatakan jumlah wisatawan pada Selasa (26/12/2023) hingga pukul 13.00 WIB mencapai 6 ribu ribuan.

"Ya kalau sampai sore hari ada tambahan lima ribuan wisatawan sudah cukup baik," ungkapnya.

Baca Juga: Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

3. Dua wisatawan nyaris celaka di Pantai Parangtritis

H+1 Natal, Kunjungan Wisata ke Pantai Parangtritis TurunKunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu anggota SAR Satlinmas Wilayah III, Kabupaten Bantul, Ali Sutanto Joko, Saputro mengatakan ada dua wisatawan asal Jawa Barat yang nyaris terseret gelombang tetapi dapat diselamatkan.

"Kita hanya meminta wisatawan untuk tidak berenang pada daerah yang ada palungnya," katanya  
 

Baca Juga: Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan Masuk Jogja Tiap Jam

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya