Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan Masuk Jogja Tiap Jam

Gumaton jadi favorit

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak sekitar 2.400 kendaraan pribadi maupun angkutan massal yang keluar dari Exit Tol Ceper, Klaten, Jawa Tengah, dilaporkan masuk ke wilayah Yogyakarta setiap jamnya sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Banyaknya kendaraan yang masuk per jamnya dari tol fungsional ini membuat volume lalu lintas di pusat maupun pinggiran Kota Gudeg mengalami peningkatan.

"Khusus (kendaraan) yang masuk Kota Yogya sampai sejauh ini masih sangat fluktuatif," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, Selasa (26/12/2023).

1. Sudah arus balik, tapi kepadatan lalin lanjut beberapa hari ke depan

Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan  Masuk Jogja Tiap JamJalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Agus menyebut ada kemungkinan peningkatan arus lalu lintas di seputaran Kota Yogyakarta berlangsung hingga beberapa hari ke depan sekalipun arus balik libur Natal sudah dimulai hari ini.

Potensi peningkatan arus lalu lintas selama beberapa hari ke depan, menurut Agus, disebabkan adanya peluang kedatangan wisatawan libur sekolah dari berbagai daerah berdasarkan hasil monitoring dishub.

"Libur sekolah ini, kan, masih sampai 2 Januari (2024), potensinya seperti apa sedang kita analisis," kata Agus.

2. Gumaton masih jadi primadona

Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan  Masuk Jogja Tiap JamJalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko sementara itu memprediksi wilayah Tugu, Malioboro, dan Keraton Yogyakarta (Gumaton) masih menjadi destinasi favorit wisatawan sepanjang momen libur Nataru ini.

Wahyu berpandangan, Gumaton masih masuk daftar destinasi yang wajib dikunjungi pelancong luar daerah.

"Prediksi kami, 80 persen dari 9,6 juta (total perkiraan wisatawan ke DIY), pergerakan itu ke Gumaton. Selama ini, kan, persepsinya belum ke Yogya kalau belum mengunjungi Tugu, Malioboro, dan Kraton," imbuh dia.

Baca Juga: Perputaran Uang Wisatawan di Sleman Capai Belasan Triliun selama 2023

3. Harus ke Malioboro

Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan  Masuk Jogja Tiap JamIlustrasi kepadatan Jalan Pasar Kembang, Kota Yogyakarta. (IDN Times/Paulus Risang)

Sementara itu berdasarkan pantauan pada Selasa (26/12/2023) sore, sepanjang kawasan Malioboro masih dipadati wisatawan. Situasi serupa juga terpantau di kawasan Nol Kilometer Kota Yogyakarta.

Junaid, salah seorang wisatawan asal Balikpapan, Kalimantan Timur mengaku datang ke Yogyakarta sejak awal masa libur Natal kemarin dan berencana menghabiskan sisa waktu liburan di Kota Pelajar.

"Karena dari dulu orang pasti datang ke Jogja spotnya di sini (Malioboro). Tempatnya batik, pulang ke sana (Balikpapan) bawa baju dan lain-lain, disini pilihannya banyak," kata Junaid.

Baca Juga: Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya