Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

Petugas melakukan rekayasa lalu lintas hindari kemacetan

Bantul, IDN Times - Dinas Pariwisata Wisata Kabupaten Bantul menyebut Pantai Parangtritis dikunjungi puluhan ribu wisatawan saat libur Natal dan libur akhir pekan. Petugas melakukan rekayasa jalan dengan mengalihkan arus balik kendaraan wisatawan melalui Jembatan Kretek II ke arah Jalan Samas untuk menghindari kemacetan di Jalan Parangtritis.

1. Dua hari lebih dari 30 ribu wisatawan kunjungi Bantul

Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu WisatawanKasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Layanan Informasi, Dinas Pariwisata, Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis pada Minggu (24/12/2023) mencapai 21.679 orang. Sedangkan pada Senin (25/12/2023) hingga pukul 13.00 WIB tercatat kunjungan wisatawan mencapai 9.920 orang dan hingga menjelang sore ada tambahan sekitar pukul 6.286 orang.

"Untuk kunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok pada Senin (25/12/2023) mencapai sekitar 16 ribuan wisatawan," katanya, Senin (25/12/2023).

2. Libur Natal kunjungan wisatawan justru menurun

Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu WisatawanIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Diakui pria yang disapa akrab Ipung ini, kunjungan wisatawan pada libur Natal menurun dibandingkan saat libur akhir pekan pada Minggu (24/12/2024).

"Pada hari Minggu (24/12/2023) kemarin jumlah pengunjung sangat padat sehingga rekayasa lalu lintas juga dilakukan oleh petugas dengan mengalihkan arus keluar kendaraan wisatawan melalui Jembatan Kretek II," ucapnya.

Baca Juga: Selama Nataru Jalur Cinomati Bakal Dijaga Personel Dishub Bantul

3. TPR induk Pantai Parangtritis buka empat loket penarikan retribusi

Momen Libur Natal, Pantai Parangtritis Diserbu Puluhan Ribu WisatawanTPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh Ipung mengaku untuk mengurangi antrean panjang di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) induk Pantai Parangtritis dibuka empat loket dari biasanya hanya dua loket yakni loket untuk kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat atau lebih.

"Petugas retribusi juga kita maksimalkan agar pelayanan lebih cepat dan tidak ada antrean panjang di TPT induk Pantai Parangtritis," ujarnya. 

Baca Juga: RSUD Bantul Siapkan 38 Tempat Tidur untuk Pasien COVID-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya