9 Pelajar MTS 2 Magetan Terseret Ombak Pantai Parangtritis

Petugas berhasil selamatkan seluruh pelajar yang tenggelam

Bantul, IDN Times - ‎Sembilan pelajar dari MTS 2, Kabupaten Magetan, Jawa Timur terseret ombak di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, pada Sabtu (28/10/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. Beruntung dengan kesigapan petugas SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, para pelajar tersebut berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

1. Rombongan pelajar tiba di pantai dan bermain air ‎

9 Pelajar MTS 2 Magetan Terseret Ombak Pantai ParangtritisProses evakuasi pelajar yang tenggelam di Pantai Parangtritis. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah III)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Arief Nugraha, mengatakan peristiwa tersebut berawal ketika rombongan dari pelajar MTS 2 Magetan tiba di Pantai Parangtritis pada pukul 13.15 WIB.

Selanjutnya rombongan menuju pantai dan bermain air. Para pelajar yang tengah asyik bermain air tersebut kemudian terbawa arus balik dan tenggelam.

"Jadi para pelajar ini terseret arus balik dan tenggelam," katanya.

2. Petugas SAR berhasil menolong sembilan korban dalam kondisi selamat

9 Pelajar MTS 2 Magetan Terseret Ombak Pantai ParangtritisIlustrasi tenggelam. (IDN Times Agung Sedana)

Petugas SAR yang melihat adanya pengunjung terseret arus dan tenggelam langsung memberikan pertolongan kepada korban dengan cara berenang. Sembilan pelajar yang terseret gelombang dan tenggelam berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Posko SAR Satlinmas Wilayah III untuk dilakukan pertolongan lebih lanjut.

"Semuanya bisa ditolong oleh petugas SAR dan selamat semuanya," ungkapnya.

Baca Juga: Jenazah Perempuan Ditemukan Mengapung di Sungai Code Bantul

3. Jangan bermain air pada daerah yang terdapat palungnya‎

9 Pelajar MTS 2 Magetan Terseret Ombak Pantai ParangtritisIlustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Pria yang disapa akrab Inu ini mengimbau wisatawan untuk lebih berhati-hati saat bermain atau mandi di laut, terutama pada daerah yang ada palungnya. Ia meminta wisatawan memperhatikan papan peringatan yang dipasang oleh petugas SAR.

"Jadi karakter gelombang pantai selatan sangat berbeda. Terdapat arus balik yang deras apalagi jika berada yang ada palungnya," ungkapnya.‎

Baca Juga: Lagi, 20 Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-Ubur

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya