Bersiap, UGM Trail Run 2023 Akan Digelar di Kaliurang Oktober Nanti

Target peserta 1.500 orang

Sleman, IDN Times - Penggemar olahraga lari, siap-siap! Event UGM Trail Run 2023 akan dilaksanakan 1 Oktober 2023 mendatang. Kegiatan yang digelar Kagama Lari untuk Berbagi bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) ini akan dilaksanakan di Kaliurang, Sleman.

Kegiatan UGM Trail Run rutin digelar setiap tahun, sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis UGM. Kegiatan pertama telah dimulai pada tahun 2019 diikuti sebanyak 500 peserta. Pada tahun ini, jumlah peserta ditargetkan bertambah hingga tiga kali lipat, atau sebanyak 1.500 orang.

1. Empat kategori dan kategori grup kagama

Bersiap, UGM Trail Run 2023 Akan Digelar di Kaliurang Oktober Nantiilustrasi olahraga (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketua Panitia UGM Trail Run, yang juga sekaligus Ketua Umum Kagama Lari untuk Berbagi, Nugroho Dewayanto, mengatakan kegiatan UGM Trail Run tahun ini mengambil lokasi di Lapangan Karang Pramuka, Kaliurang. Kegiatan ini terbuka untuk umum dengan kategori race terbagi dalam empat kategori yakni untuk umum 5 km, 10 km, 21 km, dan kategori grup Kagama 10 km.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Hutan Wanagama, kali ini mengambil tempat di Kaliurang, tentu akan memberikan pengalaman berlari yang berbeda menyusuri perbukitan sekaligus menikmati keindahan lereng selatan Gunung Merapi, kawasan Kaliurang, Kali Kuning, Kali Adem, serta Bukit Turgo,” kata Nugroho, Rabu (9/8/2023).

2. Berlari dan beramal

Bersiap, UGM Trail Run 2023 Akan Digelar di Kaliurang Oktober Nantiilustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam kegiatan bertajuk Run Edu Care, dikatakan Nugroho, peserta tidak hanya berlari namun juga berkesempatan ikut dalam kegiatan amal yang ditujukan untuk beasiswa mahasiswa UGM. “Jadi ada kegiatan penggalangan dana beasiswa melalui UGM Trail Run, khususnya di kategori grup Kagama 10 km,” ungkapnya.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat dan Alumni UGM, Arie Sujito, menyampaikan dukungan terhadap kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini bisa memotivasi tumbuhnya pola hidup sehat di masyarakat. Selain itu juga mampu membangun kesadaran terhadap lingkungan serta menggugah kepedulian masyarakat lewat penggalangan dana untuk beasiswa mahasiswa yang membutuhkan.

Baca Juga: Eco Lindi Karya Mahasiswa UGM, Hilangkan Bau Sampah hingga 10 Jam

3. Pelibatan alumni dorong hidup sehat

Bersiap, UGM Trail Run 2023 Akan Digelar di Kaliurang Oktober NantiWakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Arie Sujito. (IDN Times/Herlambang Jati)

UGM memiliki misi besar membangun kampus sehat dengan memfasilitasi pelibatan alumninya mengembangkan kegiatan lari. Sehingga sebagai bagian memotivasi tumbuhnya hidup sehat, peduli lingkungan serta memperkuat komitmen membantu masyarakat yang membutuhkan melalui dukungan beasiswa.

"Kolaborasi antara UGM dan Kagama lewat UGM Trail Run menjadi bentuk pengejawantahan dari hal-hal tersebut. Melalui kegiatan olahraga yakni trail run diharapkan bisa membangun masyarakat yang sehat, peduli terhadap lingkungan sekaligus mewujudkan cita-cita kemanusiaan," kata Arie.

Baca Juga: Menteri Basuki Gebuk Drum di FT UGM, Bawakan Lagu Dewa 19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya