Travelxism x Babad Ajak Kaum Muda Peka Nilai Keberlanjutan

Luncurkan produk berkelanjutan secara luring di Omah Budoyo

Yogyakarta, IDN Times - Mengusung nilai keberlanjutan, Travelxism, sebuah start-up pariwisata yang berfokus untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, bersama dengan Babad menginisiasi sebuah kampanye bertajuk #SemakinPeka. Kampanye ini lahir sebagai wujud aksi nyata terhadap krisis iklim, terutama yang disebabkan oleh industri fesyen.

#Semakin Peka turut menggandeng empat kolaborator yang meliputi, Tinctori, #SayaPilihBumi, Lima Putra Pesisir, dan Generasi Lestari, untuk memproduksi beberapa produk fesyen berkelanjutan, seperti Andaru Scarf, Mandaya Bucket Hat, dan Reksa Tote Bag.

“Penamaan produk #SemakinPeka berangkat dari nilai-nilai keberlanjutan yang ingin kami suarakan, seperti Andaru Scarf yang menggambarkan kebahagiaan, Mandaya Bucket Hat yang menggambarkan nilai pemberdayaan, dan Reksa Tote bag yang melambangkan penjagaan,” ujar Project Leader #SemakinPeka, Florence Warikar, Minggu (30/10/2022).

1. Tidak bias menerapkan konsep berkelanjutan

Travelxism x Babad Ajak Kaum Muda Peka Nilai Keberlanjutan#SemakinPeka hadir di Omah Budoyo Yogyakarta, Minggu (30/10/2022). (Dok. Travelxism)

Produk #SemakinPeka berupaya untuk tidak bias dalam menerapkan konsep berkelanjutan. Dari aspek lingkungan, #SemakinPeka secara transparan menyebutkan bahan dasar produk yang digunakan seperti serat kain dari tanaman rami dan pewarna kain dari daun indigofera.

“Sementara, keramahan terhadap aspek ekonomi dan sosial diwujudkan dengan mengungkapkan artisan yang membuatnya,” kata Florence.

Baca Juga: Jumlah Motor Listik di Jogja Meningkat, PLN Dirikan 41 SPLU  

2. Ajak generasi muda turut menangani krisis iklim

Travelxism x Babad Ajak Kaum Muda Peka Nilai Keberlanjutan#SemakinPeka hadir di Omah Budoyo Yogyakarta, Minggu (30/10/2022). (Dok. Travelxism)

#SemakinPeka hadir pertama kalinya secara offline di Sunday Market-pasar kolektif yang diselenggarakan oleh Omah Budoyo Yogyakarta, Minggu (30/10/2022). Omah Budoyo dipilih menjadi ruang untuk bersua dengan masyarakat luas, terutama generasi muda lantaran memiliki nilai dan tujuan yang selaras.

“Melalui keselarasan tersebut, diharap mampu secara efektif mengajak generasi muda supaya untuk turut menangani krisis iklim dengan mengkampanyekan #SemakinPeka dan menggunakan produk-produk yang berkelanjutan,” ujar Florence.

3. Sambutan baik masyarakat

Travelxism x Babad Ajak Kaum Muda Peka Nilai Keberlanjutan#SemakinPeka hadir di Omah Budoyo Yogyakarta, Minggu (30/10/2022). (Dok. Travelxism)

Pada kesempatan ini, #SemakinPeka juga meluncurkan motif baru dari salah satu produknya, Reksa Tote Bag. Salah seorang pengunjung asal Surabaya, Erika, menunjukkan ketertarikannya terhadap nilai-nilai dan produk-produk milik #SemakinPeka.

“Booth-nya menarik banget, desain-desain dari produknya juga kekinian, cocok buat anak muda. Nilai (yang diangkat) menarik banget, ke depannya mungkin bisa jadi gerakan yang diikuti banyak orang,” ujar Erika.

Baca Juga: Literasi Keuangan Ditanamkan Sejak Dini, Anak SD Diajarkan Menabung 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya