Comscore Tracker

Teman Kuliah Jokowi Ramai-Ramai Tegaskan Keaslian Ijazah UGM    

Alumni Fakultas Kehutanan UGM 1980 nyatakan 5 sikap

Yogyakarta, IDN Times - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT) menegaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo merupakan alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980. 

PIC KAGAMAHUT Angkatan 1980, Mustoha Iskandar mengatakan pihaknya memastikan bahwa Jokowi adalah bagian dari Keluarga Alumni Kehutanan Gadjah Mada angkatan 1980. Dia menegaskan bahwa isu yang beredar mengenai ijazah palsu Ir. Joko Widodo adalah hal yang tidak benar.

“Sebagai sesama alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Angkatan 1980, kami turut bertanggung jawab secara moril untuk meluruskan isu yang beredar mengenai keaslian ijazah Ir. Joko Widodo. Kami semua adalah saksi sebagai rekan-rekan satu angkatan Bapak Jokowi,” ujar Mustoha dalam konferensi pers di tengah rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Kehutanan UGM ke-59 di kampus Fakultas Kehutanan UGM, Yogyakarta, Jumat (21/10/2022).

1. Kenangan kuliah bersama Jokowi

Teman Kuliah Jokowi Ramai-Ramai Tegaskan Keaslian Ijazah UGM    Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT) menegaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo merupakan alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980.IDNTines/Herlambang Jati

Mustoha turut mengenang momen saat masa kuliah bersama Joko Widodo. Dia menilai Jokowi adalah sosok yang supel dan mudah bergaul dengan lingkungan pertemanan. Sejak dulu hingga saat ini tidak banyak berubah dari sisi cara berpakaian yang selalu sederhana bahkan ketika ia telah menjabat sebagai orang nomor 1 di Indonesia,

"Dari dulu beliau memang sederhana dan rendah hati, jadi kami tidak sungkan untuk membuka pertemanan. Sampai saat ini pun menjadi presiden tetap sederhana dan rendah hati. Beliau sangat aktif mengikuti kegiatan di organisasi Mahasiswa Pencinta Alam atau Mapala Silvagama," ujarnya.

Mustoha menambahkan ketika ada informasi yang tidak benar soal Jokowi yang berhubungan dengan Fakultas Kehutanan UGM, KAGAMAHUT siap meluruskan.

2. Siap memberikan pendampingan hukum

Teman Kuliah Jokowi Ramai-Ramai Tegaskan Keaslian Ijazah UGM    Potret Ijazah Jokowi diperlihatkan konferensi pers yang dilakukan oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT).IDNTimes/Herlambang Jati

Ketua Bidang Litigasi KAGAMA Bantuan Hukum (KBH) Mandela Sinaga menyampaikan sebagai bagian dari Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA), KBH siap memberikan pendampingan hukum kepada alumni UGM yang membutuhkan. KBH pun siap turun tangan jika diperlukan.

"KAGAMA Bantuan Hukum selalu siap sedia apabila ada anggota KAGAMA yang membutuhkan bantuan hukum. Apalagi isu yang beredar mengenai ijazah ini menyangkut almamater kami yaitu KAGAMA Bantuan Hukum Universitas Gadjah Mada. Tentu kami merasa terpanggil untuk sama-sama meluruskan," ucap Mandela.

Baca Juga: UGM Pastikan Ijazah Jokowi Asli

Baca Juga: Ketika UGM Turun Tangan Luruskan Isu Ijazah Palsu Jokowi

3. Lima pernyataan sikap dan tuntutan alumni Fakultas Kehutanan UGM 1980

Teman Kuliah Jokowi Ramai-Ramai Tegaskan Keaslian Ijazah UGM    Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT) menegaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo merupakan alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980.IDNTimes/Herlambang Jati

Ketua KAGAMA Bantuan Hukum (KBH), Romulo Silaen menambahkan sehubungan dengan pernyataan beberapa pihak yang menuding ijazah Fakultas Kehutanan UGM atas nama Joko Widodo palsu, KAGAMA Bantuan Hukum dan KAGAMAHUT Angkatan 1980 menyatakan pernyataan sikap dan tuntutan.

“Pertama, bahwa Prof. Ova Emilia selaku Rektor UGM telah menyatakan pada 11 Oktober 2022 bahwa ijazah S-1 Ir. Joko Widodo adalah asli dan benar adanya, dengan demikian ijazah tersebut sah di hadapan hukum. Kedua, berdasarkan keterangan KAGAMAHUT Angkatan 1980, Ir. Joko Widodo adalah Mahasiswa Fakultas Kehutanan Angkatan 1980 dan telah diwisuda pada bulan November tahun 1985,” ucap Romulo.

Ketiga, KAGAMAHUT Angkatan 1980 dan KAGAMA Bantuan Hukum mengecam segala bentuk kesesatan informasi dan berita bohong yang ditudingkan terhadap Ir. Joko Widodo sebagai Alumni Fakultas Kehutanan UGM, khususnya tentang isu penggunaan ijazah palsu.

Keempat, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong dan informasi yang menyesatkan. Kelima, meminta kepada siapapun yang telah menyebarkan informasi sesat dan berita bohong untuk segera menghentikan perbuatannya karena adanya konsekuensi hukum atas perbuatan melawan hukum tersebut.

"Kami tentu tidak menerima apabila ada kesesatan informasi dan berita bohong yang ditudingkan kepada Keluarga Alumni Gadjah Mada termasuk kepada Bapak Ir. Joko Widodo. Oleh karena itu kami meminta agar segera dihentikan penyebaran informasi yang tidak benar," tegas Romulo.

Baca Juga: Jokowi Unggah Foto Wisuda UGM, Ribuan Komentar Banjiri Akun Instagram 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya