Tahun Politik Jadi Tantangan Berat Penyelenggaraan Prambanan Jazz 2023

Berjalan lancar diklaim terbaik selama 9 tahun terakhir

Sleman, IDN Times - Prambanan Jazz Festival (PJF) 2023 sukses digelar selama enam hari,  mulai Jumat (7/7/2023) - Minggu (9/7/2023) dan Jumat (14/7/2023) - Minggu (16/7/2023).

Meski sukses digelar dengan konsep baru dan mendapat animo yang tinggi, namun jelang tahun politik jadi tantangan bagi penyelenggara.

"Tahun politik tidak fair, tidak ada support yang imbang. Semua menghitung untung ruginya, jujur tahun terberat," ujar CEO Rajawali Indonesia dan Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi, Minggu (16/7/2023).

1. Prambanan Jazz tak hanya tontonan musik semata

Tahun Politik Jadi Tantangan Berat Penyelenggaraan Prambanan Jazz 2023Press conference Prambanan Jazz 2023. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Anas menyebut tahun politik ini terasa aneh, karena tidak menguntungkan pelaku usaha sepertinya. Menurutnya masalah ini perlu menjadi perhatian bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Anas menyebut bahwa Prambanan Jazz Festival tidak hanya berbicara sebuah gelaran acara, namun juga upaya diplomasi tingkat internasional. "Tidak hanya money talk, visi ke depan event bukan hanya cari keuntingan, tapi visi misi kami barengi stakeholder pemerintah mengenalkan Indonesia ke luar negeri," ujarnya.

2. Tak perlu repot nonton konser ke luar negeri

Tahun Politik Jadi Tantangan Berat Penyelenggaraan Prambanan Jazz 2023Penampilan Rhoma Irama bersama Soneta Group featuring Trio Lestari, saat Prambanan Jazz Festival, di Kompleks Candi Prambanan, Jumat (14/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pengenalan Daerah Istimewa Yogyakarta secara khusus ke luar negeri, dan Indonesia secara umum diwujudkan melalui banyaknya artis internasional yang didatangkan tahun ini. Total ada 12 artis internasional yang didatangkan.

"Indonesia punya venue terbaik (Prambanan) dunia. Ini langkah strategis dan murah, gak perlu repot promo ke luar negeri. Mereka para artis juga posting dan terkenal sampai dunia. Ini ikhtiar promosi akan banyak wisatawan luar negeri," ujar Anas.

Baca Juga: Ahmad Dhani Electric Band Hipnotis Penonton Prambanan Jazz

3. PJF 2023 dinilai sebagai penyelenggaraan terbaik

Tahun Politik Jadi Tantangan Berat Penyelenggaraan Prambanan Jazz 2023Prambanan Jazz Festival hari kedua, Sabtu (8/7/2023), menampilkan Ardhito Pramana, HIVI!, Kahitna (IDNTimes/Febriana Sinta)

Ia juga menyebut bahwa gelar Prambanan Jazz Festival tahun ke sembilan ini menjadi gelaran dengan konsep terbaik. Konsep ini direncananya akan dipertahankan.

"Konsep terbaik, dari panggung, flow penonton. Ini akan kami pertahankan, namun jumlah harinya, mungkin kembali tiga hari atau bisa juga sembilan hari," ujar Anas.

Baca Juga: Hujan Gerimis, Animo Penonton Prambanan Jazz Festival Tak Surut

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya