Sleman School Expo 2023 Dukung Implementasi Merdeka Belajar

Berbagai kegiatan digelar di Sleman School Expo 2023

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mendorong program Merdeka Belajar. Salah satu dukungan tersebut melalui gelaran Sleman School Expo 2023 di Gedung Serbaguna Pemkab Sleman, Selasa–Rabu (30–31/5/2023).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan bahwa acara ini sebagai wahana inspiratif dalam menciptakan metode belajar yang tepat dan efektif bagi siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Sleman. “Dengan metode belajar yang tepat dan efektif seperti implementasi kurikulum merdeka belajar maka dapat mendukung siswa untuk berprestasi dan kompeten,” ujar Kustini.

1. Perlu adanya inovasi dan kreativitas

Sleman School Expo 2023 Dukung Implementasi Merdeka BelajarSleman School Expo 2023. (Dok. Istimewa)

Kustini juga menghimbau tenaga kependidikan bahwa dengan adanya tantangan pendidikan diperlukan perubahan dengan inovasi kreativitas. Dengan inovasi dan kreativitas tersebut dapat menjawab tantangan zaman dalam sektor pendidikan. 

“Dengan Sleman School Expo ini saya berharap seluruh stakeholder kependidikan di Sleman dapat saling bertukar pikiran dan menemukan formula demi kemajuan pendidikan Kabupaten Sleman,” kata Kustini.

2. Mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Sleman School Expo 2023 Dukung Implementasi Merdeka BelajarSleman School Expo 2023. (Dok. Istimewa)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana, mengatakan acara Sleman School Expo 2023 ini mengusung tema 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar', sesuai dengan tema Hardiknas tahun 2023. Tujuan acara ini untuk mendukung peningkatan implementasi kurikulum merdeka belajar.

"Kemudian juga memberikan kesempatan, pelayanan, dan ruang kepada seluruh siswa SD dalam meningkatkan minat bakat sesuai potensi masing-masing," ucap Ery.

Baca Juga: Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan Lancar

3. Berbagai kegiatan dalam Sleman School Expo 2023

Sleman School Expo 2023 Dukung Implementasi Merdeka BelajarSleman School Expo 2023. (Dok. Istimewa)

Ery juga berharap dengan acara ini semua lembaga pendidikan jenjang Sekolah Dasar bisa eksis dan kreatif dalam mengemas pembelajaran. Seperti halnya amanat kurikulum Merdeka sebagai salah satu episode merdeka belajar.

Terdapat berbagai kegiatan dalam Sleman School Expo 2023, yakni pameran hasil karya siswa dari seluruh lembaga kependidikan jenjang SD se-Kabupaten Sleman. Selain itu, kolaborasi penampilan Korwil, Guru, dan siswa kemudian Talkshow dengan narasumber Bupati Sleman, Pakar Pendidikan dan Praktisi.

Baca Juga: Pendaftaran SMP Negeri di Sleman Dimulai 12 Juni 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya