Pendaftaran SMP Negeri di Sleman Dimulai 12 Juni 

Ada empat jalur yang diberlakukan 

Sleman, IDN Times - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sleman jenjang SMP Negeri akan dibuka mulai Senin (12/6/2023). Calon peserta dapat pendaftaran melalui laman https://sleman.siap-ppdb.com.

PPDB tahun ini terdapat empat jalur yang dipilih, yaitu jalur afirmasi (afirmasi keluarga miskin dan difabel), prestasi, perpindahan orang tua, dan zonasi.

1. Jalur afirmasi

Pendaftaran SMP Negeri di Sleman Dimulai 12 Juni Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kuota jalur afirmasi sebanyak 15 persen, dengan rincian afirmasi keluarga miskin sebanyak 12 persen, dan 3 persen untuk difabel. Pendaftaran jalur ini akan dibuka pada 12 Juni - 13 Juni 2023, dan hasilnya diumumkan pada 14 Juni 2023 pukul 10.00 WIB.

"Anak-anak bisa mendaftar di semua SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jika nanti pendaftar melebihi kuota yang disediakan bakal diseleksi bukan dengan nilai, tapi dengan usia. Anak yang lebih tua akan diutamakan," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Ery Widaryana, Rabu (24/5/2023).

2. Jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua

Pendaftaran SMP Negeri di Sleman Dimulai 12 Juni Ilustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Pendaftaran jalur prestasi akan dibuka pada 14 Juni - 15 Juni 2023. Hasil diumumkan pada 16 Juni 2023 pukul 08.00 WIB. Seleksi ini berdasarkan nilai siswa, diperuntukkan bagi siswa yang memiliki nilai gabungan minimal 245. "Untuk kuotanya maksimal 30 persen. Seleksi pakai nilai dan kuota terbatas," kata Ery.

Sementara jalur perpindahan tugas orang tua, waktu pendaftaran sama dengan jalur prestasi. Bagi siswa yang melalui jalur ini, syaratnya adalah mutasi tugas orang tua paling lama diterbitkan pada 2020.

"Pindah tugasnya kita beri rentangan tiga tahun. Tiga tahun dari sekarang sampai sebelumnya. Setelah tiga tahun tidak, perpindahan ada aturan. Jika pendaftar melebihi kuota, seleksi akan pakai nilai," kata Ery.

Baca Juga: Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan Lancar

3. Jalur zonasi radius dan wilayah

Pendaftaran SMP Negeri di Sleman Dimulai 12 Juni Ilustrasi pelajar (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk jalur zonasi, dibagi menjadi dua, yaitu zonasi radius dan wilayah. Zonasi radius dibuka pada 14 - 16 Juni 2023. Zona radius ini memiliki rentang 300 meter, 600 meter, 900 meter, dan 1.200 meter. Hal itu berdasarkan pertimbangan letak geografis sekolah.

Disampaikan Ery, jika sekolah berada di daerah padat penduduk radius yang digunakan yaitu 300 meter. Jika lokasi sekolah di tengah sawah, maka radius akan lebih jauh hingga maksimal 1.200 meter.

"Anak dari keluarga yang bertempat tinggal di radius dalam sekolah itu, dengan tempat tinggal sesuai administrasi kependudukan minimal 1 tahun maka wajib diterima," ungkap Ery.

Untuk zonasi wilayah pendaftaran akan dibuka pada 19 - 21 Juni 2023. Mekanisme pendafatran ini, zona sekolah dengan basis kalurahan. Jika pendaftar melebihi kuota, akan dilakukan seleksi nilai yang ada yaitu gabungan nilai rapor dan ASPD. "Ini untuk anak di zona 1 tidak bisa dikalahkan dengan zona lain, berapa pun nilainya. Zona 1 diutamakan," ungkap Ery.

Baca Juga: 9 Potret Lisa Ayu, Atlet Badminton Asal Sleman Peraih Emas SEA Games

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya