Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan Lancar

Optimistis dukung siswa Sleman memiliki kualitas baik

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, melakukan tinjauan pelaksanaan Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) jenjang SD, pada Rabu (24/5/2023). ASPD-BK dinilai berjalan dengan lancar.

Pada saat melakukan peninjauan, Bupati didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery, Widaryana, mengecek dua lokasi sekaligus. Lokasi pertama SD Negeri Denggung dan kedua SD Negeri 1 Sleman.

1. Proses pelaksanaan berjalan dengan baik

Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan LancarPelaksanaan Assesmen Standardisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) jenjang SD. (Dok. Istimewa)

Dari hasil tinjauan, Bupati menyampaikan proses ASPD-BK berjalan dengan baik dan lancar. Pada pelaksanaan hari ketiga ini, Bupati melihat para siswa telah memiliki kesiapan dalam menghadapi ujian. Di samping itu, kesiapan fasilitas baik dari komputer, listrik, maupun jaringan internet juga dalam keadaan baik.

“Saya melihat dari perkembangan anak-anak di SD Negeri Denggung dan SD Negeri 1 Sleman tampak siap dalam menghadapi standardisasi ini. Memang tujuan ujian ini diharapkan dapat mengembangkan potensi dari masing-masing anak. Selain itu ujian ini bukan sebagai acuan untuk menentukan kelulusan, tapi untuk meningkatkan kompetensi peserta didik,” kata Kustini.

2. Tingkatkan daya saing siswa

Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan LancarPelaksanaan Assesmen Standardisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) jenjang SD. (Dok. Istimewa)

Dengan pelaksanaan ASPD-BK, Bupati Kustini berharap dapat meningkatkan daya saing dari para siswa untuk meraih kesuksesan, dan memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Sleman. Bupati mengaku optimistis bahwa pelajar Sleman adalah anak yang berkualitas dengan kemampuan dan bakatnya masing-masing.

“Semoga anak-anak kita tetap sukses dalam memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Sleman dan kita percaya diri anak-anak kita adalah anak yang berkualitas dengan potensinya masing-masing,” pungkas Kustini.

Baca Juga: CfDS UGM, Meta dan Hacktiv8 Ajak Anak Muda Belajar AR

3. Ratusan sekolah dan belasan ribu siswa

Pelaksanaan ASPD-BK Tingkat SD di Sleman Berjalan LancarBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat meninjau pelaksanaan Assesmen Standardisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) jenjang SD. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Edy Widaryana, menyampaikan proses ASPD-BK yang telah dilaksanakan sejak Senin (22/5/2023) berjalan dengan baik. Untuk jenjang Sekolah Dasar, terdapat 509 sekolah yang melaksanakan ujian, dengan jumlah 14.989 siswa. Ery menambahkan, di samping untuk meningkatkan kompetensi siswa, ASPD-BK dilaksanakan untuk mengendalikan kesenjangan antar bagian dalam sistem pendidikan dan memantau perkembangan mutu pendidikan.

“Pelaksanaan sejak hari pertama berjalan lancar, begitu juga dengan kesiapan fasilitas pendukungnya. Kami juga sudah melakukan antisipasi seperti mengirim surat ke PLN untuk memastikan kesiapan listrik dan sekolah juga berjaga-jaga dengan mempersiapkan genset,” kata Ery.

Ery menambahkan, bagi siswa yang berhalangan hadir karena sakit atau kendala tertentu, makan memiliki kesempatan untuk mengikuti ASPD-BK susulan. Agenda ASPD-BK susulan dijadwalkan pada 29–31 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga: Sayur Lodeh dan Bir Jawa Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda DIY

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya