CfDS UGM, Meta dan Hacktiv8 Ajak Anak Muda Belajar AR

Bikin filter Instagram pakai AR, seru!

Yogyakarta, IDN Times - Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada (CfDS UGM) berkolaborasi dengan Meta dan Hacktiv8 menyelenggarakan kelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital pada 9–19 Mei 2023. Kelas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta mengenai pembuatan efek Augmented Reality (AR) menggunakan Meta Spark Studio dan publikasi filter AR ke Instagram.

Rangkaian kelas ini berlangsung selama beberapa hari, di mana peserta diberikan kesempatan untuk mempelajari topik-topik yang menarik seperti Target Tracking pada 9 Mei, Plane Tracking pada 11 Mei, Hand and Face Tracking pada 16 Mei, dan terakhir Body Tracking pada 19 Mei. Para peserta antusias mengikuti semua sesi, dengan didukung oleh mentor dan instruktur berpengalaman.

1. Memahami praktik pembuatan efek AR

CfDS UGM, Meta dan Hacktiv8 Ajak Anak Muda Belajar ARKelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital pada Selasa (9/5/2023) - Jumat (19/5/2023). (Dok. Istimewa)

Mentor utama pada kelas ini adalah Ajie Chandra, Mentor Metaspark yang ahli dalam bidang pembuatan efek AR. Ia membagikan pengetahuannya secara mendalam kepada peserta, membantu mereka memahami langkah-langkah praktikal dalam menciptakan efek AR secara langsung menggunakan Meta Spark Studio.

Selain itu, Dimas Surya, seorang Instruktur Metaspark, bersama Ajie mengarahkan dan melatih peserta secara hand-on-hand selama sesi pembelajaran berlangsung. Kelas dipandu oleh Nadya Olga Aletha dari CfDS UGM.

"Inti kelas pembelajaran virtual ini adalah untuk mengajak para peserta dalam menggali dan memahami praktik pembuatan efek AR lewat metode step-by-step," kata Ajie, Selasa (23/5/2023). 

2. Penciptaan filter AR yang menarik

CfDS UGM, Meta dan Hacktiv8 Ajak Anak Muda Belajar ARKelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital pada Selasa (9/5/2023) - Jumat (19/5/2023). (Dok. Istimewa)

Lewat pemanfaatan Meta Spark Studio, mereka dapat menciptakan filter AR yang menarik dan kreatif secara mudah. Filter-filter AR tersebut juga dapat langsung dipublikasikan ke Instagram, memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi karya mereka dengan khalayak luas.

Rangkaian kelas Meta Akademi Pembelajaran Virtual dengan Kecerdasan Digital menjadi sukses berkat antusiasme dan partisipasi peserta yang tinggi. Peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang penggunaan Meta Spark Studio dalam menciptakan efek AR. Para peserta juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mentor dan instruktur, memperoleh wawasan berharga untuk melanjutkan eksplorasi keterampilan ini di masa depan.

Baca Juga: CfDS UGM: Pemilu 2024 Masih Terancam Praktik Buzzer Politik

3. Dukung pengembangan kecerdasan digital

CfDS UGM, Meta dan Hacktiv8 Ajak Anak Muda Belajar ARilustrasi platform digital (IDN Times/Aditya Pratama)

CfDS, Meta, dan Hacktiv8 berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif dan kelas-kelas sejenis guna mendorong pengembangan kecerdasan digital di Indonesia. Kolaborasi ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan teknologi mutakhir seperti Augmented Reality. 

"Harapannya, lewat pelaksanaan seri pembelajaran ini, semakin banyak individu yang siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin digital," ungkap Dimas.

Baca Juga: 25 Tahun Reformasi: Gerakan Mahasiswa Tak Padam, Hanya Berganti Warna

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya