Sejumlah Maba UPN Veteran Yogyakarta Alami Keracunan saat Outbond

Beberapa dibawa ke rumah sakit

Sleman, IDN Times - Sejumlah mahasiswa baru (maba) Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) diduga mengalami keracunan saat mengikuti kegiatan outbond Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2023. Jumlah pasti maba yang mengalami keracunan tersebut tengah didata saat ini.

"Iya (Maba UPN keracunan). Itu (saat) giat Maba PKKBN," ujar Kasubag Kerjasama dan Humas UPN 'Veteran' Yogyakarta, Jumat (18/8/2023).

1. Kejadian terjadi saat outbond

Sejumlah Maba UPN Veteran Yogyakarta Alami Keracunan saat Outbondhellosehat.com

Dijelaskan Markus, sejumlah mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan outbond PKKBN di tiga lokasi. Di Yonmek 403/WP diikuti gugus 46-62, di AAU diikuti gugus 63-81, dan terakhir di Denhanud 474 Kopasgat diikuti gugus 82-100.

Markus menyebut maba yang mengalami keracunan tersebut yang mengikuti outbond di 403/WP. Ada 700 maba dari berbagai Fakultas yang mengikuti kegiatan di lokasi itu.

2. Jumlah mahasiswa yang diduga keracunan masih didata

Sejumlah Maba UPN Veteran Yogyakarta Alami Keracunan saat OutbondUPN "Veteran" Yogyakarta (dok. UPNYK)

Meski ada 700 maba yang mengikuti kegiatan di Yonmek 403/WP, Markus belum bisa memastikan jumlah mahasiswa yang diduga mengalami keracunan. Pihaknya saat ini masih melakukan pendataan.

"Ini baru kita sisir ya. Nanti lihat perkembangannya. Di sana (Yonmek 403/WP), kurang lebih ada 700 (peserta) maba," kata Markus.

Baca Juga: Makanan Tidak Layak saat Ospek, UII Buka Kanal Pengaduan

3. Peserta yang diduga keracunan dibawa ke rumah sakit

Sejumlah Maba UPN Veteran Yogyakarta Alami Keracunan saat OutbondIlustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini pihak UPN 'Veteran' Yogyakarta masih mendalami kejadian ini. Sejumlah maba yang diduga keracunan pun sudah dilakukan penanganan di rumah sakit.

"Ya mual, kemudian muntah. Kira-kira yang tidak bisa ditangani di 403, langsung ke rumah sakit. Kita dalami, nanti kalau sudah jelas kita sampaikan," ujarnya.

Baca Juga: 11 Warga Binaan Lapas Jogja Bebas, 434 Napi Terima Remisi HUT RI

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya