Pakar Politik UGM Sebut Mahfud MD Memperkuat Posisi Ganjar

Mahfud menguasai lanskap politik nasional

Sleman, IDN Times - Pakar Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Wawan Mas'udi menyebut penunjukan Mohammad Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wakil Presiden, memperkuat posisi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Mahfud dinilai memiliki reputasi yang sangat kuat di kancah perpolitikan nasional.

Wawan mengatakan pilihan pada Mahfud ini mencerminkan prioritas bagi PDIP dan partai koalisinya, serta Ganjar Pranowo terkait reformasi hukum nasional secara keseluruhan.

"Kira-kira kalau reformasi hukum itu dilakukan secara komprehensif dan utuh, akan memberikan pondasi yang lebih bagus bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan sebagainya. Jadi dari sisi agenda ini mencerminkan prioritas," ujar Wawan, Rabu (18/10/2023).

 

1. Mahfud memperkuat posisi Ganjar

Pakar Politik UGM Sebut Mahfud MD Memperkuat Posisi GanjarDosen Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) UGM, Wawan Mas'udi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Wawan menyebut Mahfud MD merupakan tokoh yang memiliki reputasi nasional kuat. Pengalaman Mahfud MD baik itu di eksekutif, legislatif dan yudikatif sangat komprehensif.

"Tentu akan melengkapi Pak Ganjar yang bagaimana pun juga reputasi di nasional belum sekuat Pak Mahfud," kata Wawan.

2. Mahfud menguasai lanskap politik nasional

Pakar Politik UGM Sebut Mahfud MD Memperkuat Posisi GanjarMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Meski Ganjar pernah menjadi anggota komisi II DPR RI, namun setelah itu lebih banyak di daerah, menjadi Gubernur. Sementara Mahfud memiliki pengetahuan yang sangat komprehensif terkait dengan lanskap politik nasional dan problem yang dihadapi oleh pemerintah di level nasional, khususnya berkaitan dengan aspek penegakkan hukum, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih.

"Itu Pak Mahfud saya kira memegang semua data itu. Saya yakin beliau dalam posisinya sebagai Menkopolhukam mengetahui semua persoalan yang menjadi ganjalan dan hambatan bagi kemajuan nasional khususnya dari sisi hukum dan dari sisi tata kelola," kata Wawan.

Baca Juga: Tetangga Berharap Mahfud MD Bisa Jadi Wakil Presiden

3. Kombinasi pasangan nasionalis religius

Pakar Politik UGM Sebut Mahfud MD Memperkuat Posisi GanjarSuporter Pasangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terlihat berkumpul di depan Gedung DPP PDIP usai pengumuman pada Rabu (18/10/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Hal lain yang dilihat Wawan, penunjukkan Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wakil Presiden juga mencerminkan representasi dari klaster pemilih, khususnya pemilih Islam. Secara klaster politik kemudian menjadi kombinasi antara pasangan nasionalis dan pasangan religius.

"Dalam konteks ini tentu Pak Mahfud bisa menjadi representasi bukan hanya NU, tapi juga pemilih muslim. Saya kira menjadi penting untuk mengimbangi ke pihak lain atau kontestan yang nanti akan mendaftarkan ke KPU," ujar Wawan.

Baca Juga: Jelang Pengumuman Bacawapres Ganjar, Rumah Mahfud MD Sepi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya