Luberan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pelaku Usaha

Lakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti

Yogyakarta, IDN Times - Imbas luberan minyak dari gorong-gorong yang terjadi di kawasan Tugu Pal Putih, Pemerintah Kota Yogyakarta memanggil beberapa pelaku usaha yang diduga menyebabkan luberan minyak. Jika terbukti bersalah, pelaku usaha akan ditindak.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, mengatakan saat kejadian luberan, dirinya telah meminta petugas untuk segera menindaklanjuti dan melakukan investigasi. "Investigasi (karena) membahayakan pengendara, harus segera cepat ditangani," ujar Singgih di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (8/11/2023).

1. Diduga ada pelaku usaha tidak memfilter limbah

Luberan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pelaku UsahaPenjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Singgih mengungkapkan dari hasil investigasi dan olah TKP, terindikasi ada kesalahan malprosedur. Ada beberapa usaha yang tidak melakukan filterisasi limbahnya. 

Singgih tidak menyebut secara detail berapa pelaku usaha yang dipanggil dan dimintai keterangan lebih lanjut. Namun, ia mengungkapkan jumlahnya lebih dari dua.

"Ya ada beberapa," ujar Singgih.

2. Investigasi lebih lanjut dilakukan

Luberan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pelaku Usahailustrasi investigasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Singgih mengatakan saat ini memang tengah dilakukan investigasi, sehingga dirinya belum bisa mengungkapkan hasil investigasi. "Semoga segera diketahui penyebab pastinya," ujar Singgih.

Ia mengungkapkan jika memang nantinya ada pelaku usaha yang melakukan kesalahan akan dilakukan penindakan. "Saya minta hasil investigasi, jika ada kesalahan, melanggar aturan, harus ditindak tegas," tegas Singgih.

Baca Juga: Pemkot Jogja Akan Tambah Peralatan Pengolah Sampah, Anggaran Rp1,4 M

3. Luberan dan kondisi saat ini

Luberan Minyak di Tugu Jogja, Pemkot Panggil Pelaku UsahaIlustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Diketahui luberan minyak dari gorong-gorong di utara Tugu Pal Putih Yogyakarta atau di Jalan AM Sangaji terjadi pada pada Senin (6/11/2023). Tidak hanya sekali saja luberan terjadi, sebelumnya pada Selasa (31/10/2023), luberan minyak juga terjadi.

Pantauan pada Rabu (8/11/2023), sudah tidak ada lagi luberan minyak di kawasan sekitar Tugu Pal Putih. Arus lalu lintas juga terpantau lancar, tidak ada penutupan di sekitar gorong-gorong dengan water barrier.

Baca Juga: Kasus Tanah Kas Desa Sleman, Krido Suprayitno Didakwa Pasal Kombinasi 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya