Sejumlah Hotel di DIY Lakukan Persiapan Jelang Pernikahan Kaesang

Reservasi hotel mengalami peningkatan

Yogyakarta, IDN Times - Prosesi pernikahan putra Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono akan dilangsungkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai persiapan pun dilakukan, tidak terkecuali sejumlah hotel yang akan menerima tamu undangan.

"Betul (ada persiapan khusus) dan itu disiapkan masing-masing hotel," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono, Senin (5/12/2022).

1. Reservasi hotel meningkat

Sejumlah Hotel di DIY Lakukan Persiapan Jelang Pernikahan KaesangKetua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (Instagram.com/deddypranowo)

Deddy menyebut prosesi pernikahan yang akan dilangsungkan di DIY tersebut memang berpengaruh pada tingkat reservasi kamar hotel. Terutama untuk wilayah utara dan timur.

"Memang mendongkrak (kunjungan). Untuk periode 6 Desember sampai 11 Desember, wilayah utara dan timur reservasi 85 persen didominasi hotel bintang. Kemudian, wilayah tengah 80 persen. Wilayah selatan 60 sampai dengan 70 persen," kata Deddy.

Baca Juga: Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata Sultan

2. Tidak akan mengganggu tamu lainnya

Sejumlah Hotel di DIY Lakukan Persiapan Jelang Pernikahan KaesangIlustrasi hotel (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Meski diperkirakan akan ada peningkatan tamu hotel, karena penyelenggaraan pernikahan Kaesang-Erina, dan akan ada persiapan khusus, namun Deddy menyebut tidak akan mengganggu tamu yang lain. "Sudah diatur agar tidak saling mengganggu," ujar Deddy.

Dikatakan Deddy untuk wisatawan secara umum yang berkunjung ke DIY sendiri, masih didominasi oleh wisatawan nusantara. Di antaranya dari Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga Lampung, dan Kalimantan. Sementara untuk wisatawan mancanegara masih stabil.

3. Diharapkan menikmati wisata DIY

Sejumlah Hotel di DIY Lakukan Persiapan Jelang Pernikahan KaesangKepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja, mengharapkan tamu yang datang ke wilayah DIY saat pernikahan Kaesang dan Erina tidak hanya menghadiri resepsi pernikahan, tetapi juga bisa meluangkan waktu untuk menikmati DIY.

"Saya berharap tidak hanya datang resepsi pernikahan, tapi meluangkan waktu sebelum dan setelahnya. Diisi dengan menikmati, baik itu alam, event, kuliner yang ada di Yogyakarta," harap Singgih.

Baca Juga: Polda DIY Gelar Tactical Floor Game Pernikahan Kaesang-Erina

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya