Hajad Dalem Sekaten Keraton Yogyakarta Digelar 7 Hari, Ini Jadwalnya 

Gelaran Sekaten sambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW

Yogyakarta, IDN Times - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan melaksanakan rangkaian peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan menggelar Hajad Dalem Sekaten. Pelaksanaannya berlangsung mulai hari ini, Kamis (21/9/2023) selama tujuh hari hingga Kamis (28/9/2023).

Rentang waktu tersebut yang dinamakan dengan Sekaten, ditandai dikeluarkannya sepasang Gamelan Sekati yakni Kanjeng Kiai (KK) Gunturmadu dan KK Nagawilaga dari dalam Keraton. Kedua gamelan ini akan diletakkan di Pagongan Masjid Gedhe dan ditabuh selama kurun waktu pelaksanaan.

1. Diawali dengan Miyos Gangsa

Hajad Dalem Sekaten Keraton Yogyakarta Digelar 7 Hari, Ini Jadwalnya miyos gongso (instagram.com/must_yudhi)

Berikut adalah jadwal rangkaian Hajad Dalem Sekaten Jimawal 1957. Mulai malam ini pukul 19.00 WIB-selesai, akan ada Miyos Gangsa yang diawali pembagian udhik-udhik oleh Putra Dalem, di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti atau Pelataran Kamandungan Lor/Keben).

Selanjutnya dilakukan Gladi Resik Prajurit Jelang Garebeg Mulud, di Kagungan Dalem Pelataran Kamandungan Kidul-Pagelaran pada Minggu (24/9/2023), pukul 06.30 WIB - selesai.

2. Numplak wajik hingga Garebeg Maulud

Hajad Dalem Sekaten Keraton Yogyakarta Digelar 7 Hari, Ini Jadwalnya Gunungan Grebeg. IDN Times / Febriana Sinta

Hajad Dalem Numplak Wajik akan dilaksanakan di Panti Pareden, Kompleks Magangan, Keraton Yogyakarta, Senin (25/9/2023) mulai pukul 15.00-17.00 WIB.

Kondur Gangsa akan diawali pembagian udhik-udhik oleh Ngarsa Dalem dan pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW, di Kagungan Dalem Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta pada Rabu (27/9/2023) pukul 18.30 WIB - selesai.

Keesokan harinya dilaksanakan Hajad Dalem Garebeg Mulud di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran - Kagungan Dalem Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta dimulai pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Bakal Menggelar Garebeg Maulud

3. Bakal digelar pementasan wayang kulit

Hajad Dalem Sekaten Keraton Yogyakarta Digelar 7 Hari, Ini Jadwalnya Ilustrasi wayang kulit. IDN Times/ istimewa

Selanjutnya, Bedhol Songsong Pementasan Wayang Kulit, Lakon Mahabarata Lampahan Pandawa Mahabhiseka, dengan dalang M. Riyo Cermokondhowijoyo, akan ada digelar di Kagungan Dalem Tratag Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta, Kamis (28/9/2023) pukul 19.00 WIB - selesai.

Keseluruhan rangkaian agenda dapat disaksikan oleh masyarakat serta disiarkan melalui akun Instagram @kratonjogja. Untuk agenda Bedhol Songsong akan disiarkan secara live streaming melalui Youtube Kraton Jogja.

Baca Juga: Makna, dan Nama Pohon Beringin yang Tumbuh di Keraton Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya