Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik Tampilkan 40 Band  

Berbagai program memeriahkan Cherrypop Festival 2023

Yogyakarta, IDN Times - Cherrypop Festival 2023 'Swasembada Musik' hadir di Asram Edupark, mulai hari ini Sabtu (19/8/2023) hingga Minggu (20/8/2023). Selama dua hari panggung Cherrypop Festival silih berganti diisi oleh beberapa band pilihan tim kurator.

Beberapa nama yang akan tampil di panggung Cherrypop Festival 2023 antara lain Jenny, Rumahsakit, Majelis Lidah Berduri, The Adams, Seek Six Sick, DOM 65, dan masih banyak lagi. "Kita coba menampilkan band yang jarang sekali main di festival lain, bahkan sudah lama sekali nggak manggung,” kata Director of Cherrypop Festival 2023, Ahmad Sobirin, di Downtown Diner, Jumat (18/8/2023).

1. Ajak pengunjung lebih survive menghadapi kehidupan

Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik Tampilkan 40 Band  Majelis Lidah Berduri. (Dok. Istimewa)

Membawa tema besar 'Swasembada Musik', festival yang diselenggarakan oleh iKonser Channel ini mengajak seluruh pengunjung untuk lebih survive menghadapi kehidupan.

“Kata Swasembada erat kaitannya dengan kemandirian terhadap kebutuhan pangan, dan dirasa cocok untuk menggambarkan gaya hidup anak muda masa kini yang cenderung santai, leha-leha untuk lebih giat lagi mandiri menjalani hidup,” jelas Creative Director Cherrypop 2023, Arsita Pinandita.

2. Program Rekam Skena dan Penaskena

Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik Tampilkan 40 Band  Cherrypop Festival 2022. (Dok. Istimewa)

Tahun ini, salah satu program andalan Cherrypop Festival yang dilaksanakan, yakni Rekam Skena. Program ini melibatkan penyuka musik dan film untuk melakukan riset, menata arsip, dan produksi film tentang skena musik di daerah mereka masing-masing. Hasil dari proyek ini bakal ditayangkan di Bioskop Cherrypop selama festival digelar.

Selain itu ada program baru Penaskena, yaitu sebuah aktivasi lokakarya bagi para penulis muda untuk terjun langsung di dunia jurnalisme, khususnya musik. "Selama beberapa bulan, para peserta terpilih difasilitatori langsung oleh para mentor yang sudah lama berkecimpung di industri musik," ujar Program Director ‘Rekam Skena’ dan ‘Penaskena’, Kiki Pea.

Cherrypop Festival juga menggelar Pasar Populer, yakni sebuah pop up market yang dikurasi oleh Flea Market. Pengunjung bisa berburu pernak pernik adibusana anak muda. Ada juga Toko Rilisan Fisik, yang berkolaborasi dengan Jogja Record Store Club. Pengunjung bisa mengetahui seberapa penting rilisan fisik, guna mendukung kemandirian sebuah band. Tak sampai disitu, pengunjung juga bisa menikmati Pameran Seni Rupa, karya Ahmad Oka selama festival berlangsung.

Baca Juga: 5 Fakta Sepultura, Band Heavy Metal Siap Guncang Jogja

3. Tiga panggung disiapkan di acara Cherrypop Festival 2023

Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik Tampilkan 40 Band  Cherrypop Festival 2022. (Dok. Istimewa)

Cherrypop Festival 2023 akan menghadirkan tiga panggung musik. Ketiganya terdapat beragam musik. Dari yang berumur cukup matang di tahun 90-an, hingga yang baru 'nyebur’ di beberapa tahun terakhir. Ini menjadi penanda bahwa ada sisi lain dari musik Indonesia yang perlu dipelajari sebagai sebuah pengetahuan.

Antusiasme tidak hanya datang dari penonton, artis yang akan tampil di Cherrypop Festival 2023 juga tidak sabar untuk tampil di panggung Cherrypop Festival 2023. “Suatu kebanggaan bisa berpartisipasi di event Cherrypop Festival yang merupakan salah satu event besar di Yogyakarta," ungkap Bassis dan Vokal Nood Kink, Katarina yang merupakan performer Cherrypop Festival 2023 di hari kedua.

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Dekat Stadion Mandala Krida, Lezat dan Murah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya