Bupati Sleman Salat Idul Adha Hari Ini, Ajak Hargai Perbedaan

Kustini minta masyarakat segera memotong hewan kurban

Sleman, IDN Times - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bersama keluarga dan ribuan masyarakat melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriyah di lapangan Denggung Sleman, Rabu (28/6/2023). Meski ada perbedaan penetapan hari raya Idul Adha tahun ini, namun pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan Denggung dapat terlaksana secara khidmat, tertib dan aman.

Bertindak sebagai khatib salat Idul Adha pada pagi tersebut ustaz Muhsin Hariyanto, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam khutbahnya ia mengingatkan kembali kisah pengorbanan Nabi Ibrahim bersama anaknya, Ismail. Ia mengajak untuk meneladani ketakwaan dan ketabahan Nabi Ibrahim dan Ismail saat menerima perintah dari Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

1. Ajak masyarakat hargai perbedaan

Bupati Sleman Salat Idul Adha Hari Ini, Ajak Hargai PerbedaanPelaksanaan salat Idul Adha di lapangan Denggung Sleman, Rabu (28/6/2023). (Dok. Istimewa)

Ditemui usai salat, Kustini mengucapkan selamat merayakan Idul Adha bagi seluruh umat muslim yang telah merayakan hari ini. “Berbeda tidak apa-apa. Kita saling menghargai satu sama lain,” ucap Kustini.

Menurut Kustini perbedaan hari raya Idul Adha bukanlah sebuah hal yang harus dipersoalkan, sebab masing-masing punya pedoman sendiri. Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk saling toleransi dengan adanya perbedaan ini.

2. Minta masyarakat segera memotong hewan

Bupati Sleman Salat Idul Adha Hari Ini, Ajak Hargai PerbedaanSuasana Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Selasa (20/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kustini juga meminta masyarakat untuk segera memotong hewan kurban di tempatnya masing-masing. Sehingga daging kurban bisa segera dibagikan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang membutuhkan. 

Diharapkan hari raya Idul Adha ini dapat membawa berkah bagi seluruh umat muslim, khususnya masyarakat di Kabupaten Sleman. 

Baca Juga: Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari Ini

3. Ratusan petugas untuk pelaksanaan kurban

Bupati Sleman Salat Idul Adha Hari Ini, Ajak Hargai PerbedaanSuasana Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Selasa (20/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman mengerahkan ratusan personel untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Para petugas melakukan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan kesehatan hewan sehari sebelum pemotongan. 

Sekitar 300 personel yang disiapkan terdiri dari ASN, non ASN dan kader kesehatan hewan sebanyak 246 orang, mahasiswa FKH UGM 40 orang dan dukungan dari PDHI sebanyak 30 orang yang dikoordinasi oleh 14 Puskeswan. "Mereka bertugas untuk melakukan pemeriksaan antemortem," ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besok

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya