Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besok

Fasilitasi semua umat muslim

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah umat muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai menggelar salat Idul Adha pada Rabu (28/6/2023). Salah satunya di Masjid Gedhe Kauman, di mana jemaah tampak memadati halaman masjid.

Jemaah mulai berdatangan sekitar pukul 06.00 WIB, jemaah juga tampak memadati dan meluber hingga ke depan regol (gapura) masjid. Beberapa juga melaksanakan salat di jalan raya depan masjid. Shalat sendiri dimulai pukul 07.00 WIB.

1. Masjid Gedhe Kauman gelar dua kali salat Idul Adha

Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan BesokSuasana salat Idul Adha 1444 H, di Masjid Gedhe Kauman, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Imam dan Khatib salat Idul Adha di Masjid Gedhe Kauman yakni ustaz Syakir Jamaluddin. Diketahui Muhammadiyah merayakan Idul Adha 1444 H pada hari ini. Sementara itu pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1444 H esok hari atau Kamis (29/6/2023).

Masjid Gedhe Kauman akan menggelar dua kali salat Id. Hari ini atau Rabu (28/6/2023) dan esok hari Kamis (29/6/2023). Diharapkan dengan begitu semua umat muslim dapat terfasilitasi.

2. Tidak ada masalah menggelar dua kali

Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan BesokTakmir masjid Gedhe Kauman, Azman Latif. (Dok. Istimewa)

Takmir masjid Gedhe Kauman, Azman Latif, mengatakan tak jadi masalah pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Kauman digelar dua kali.  "Tidak masalah, satu kali di halaman masjid (Rabu), yang satu di dalam masjid (Kamis)," ungkap Azman.

Hal tersebut, menurut Azman, juga pernah dilakukan pihak Pengulon Keraton Jogja yang memfasilitasi dua kali salat Idul Fitri lalu. Hal itu juga bukan menjadi masalah.

Baca Juga: Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha di 353 Lokasi se-DIY

3. Penyembelihan hewan kurban

Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besokilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Azman juga mengungkapkan untuk penyembelihan hewan kurban  yang dilakukan di beberapa lokasi dekat Masjid Gedhe Kauman. Menurutnya dengan begitu akan lebih efisien baik tempat maupun waktu.

"Kalau jadi satu di Kauman tidak mungkin. Waktunya enggak cukup, tempatnya juga enggak muat. Kita bagi tiga tempat," ujarnya.

Baca Juga: Lokasi Salat dan Khatib Idul Adha 1444 H Muhammadiyah di DIY

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya