Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari Ini

Kampung Kauman dihuni warga Muhammadiyah

Yogyakarta, IDN Times - Masyarakat Kampung Kauman di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini, Rabu (28/6/2023).

Sementara, PP Muhammadiyah sendiri telah menerbitkan surat edaran agar penyembelihan hewan kurban dilakukan, Kamis (29/6/2023) demi menjaga toleransi dengan umat muslim yang baru merayakan Idul Adha besok.

1. Kauman semua Muhammadiyah

Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari IniTakmir masjid Gedhe Kauman, Azman Latif. (Dok. Istimewa)

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif menyebut penyembelihan dilakukan hari ini dengan alasan seluruh masyarakat Kauman adalah warga Muhammadiyah yang telah merayakan hari raya Idul Adha hari ini.

"Pertimbangannya karena sebenarnya itu (surat edaran) dasarnya toleransi, karena di Kauman ini Muhammadiyah semuanya kita sembelih sekaligus tanggal 28 (Juni)," kata Azman di sekitar Kompleks Masjid Gedhe Kauman, Rabu siang.

Tanpa bermaksud untuk tidak mengindahkan isi urat edaran PP Muhammadiyah, keputusan penyembelihan hewan kurban hari ini baginya juga tidak akan mengurangi toleransi di Kampung Kauman yang seluruhnya adalah warga Muhammadiyah.

"Kecuali kalau memang (wilayah) yang mayoritas salatnya tanggal 29, tapi kalau di sini kan 28. Tidak kemudian yang menyembelih tanggal 28 tidak toleran," tuturnya.

2. Masih hari tasyrik

Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari IniMasyarakat Kampung Kauman di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Azman melanjutkan, daging hasil sembelihan di Kampung Kauman akan dibagikan kepada penerima manfaat hingga di luar Yogyakarta.

Azman menambahkan, sesuai pedoman mengenai hari tasyrik, maka daging untuk penerima manfaat yang melaksanakan Idul Adha tanggal 29 Juni 2023 tetap dibagikan karena masih dalam hitungan tiga hari setelah nahar.

"Jadi masih ada hari tasyrik tiga hari setelah idul kurban, tanggal 29, 30 (Juni), dan 1 (Juli)," pungkas Azman.

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besok

3. PP Muhammadiyah anjurkan besok

Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari IniSuasana salat Idul Adha 1444 H, di Masjid Gedhe Kauman, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan surat edaran penyelenggaraan ibadah Idul Adha 2023. Salah mengimbau soal waktu penyembelihan hewan kurban.

Dalam bernomor 006/EDR/LO/E/2023 itu, Muhammadiyah menyebutkan bahwa ibadah kurban dilakukan sesuai dengan sunah nabi dengan proses penyembelihan yang bisa dilakukan pada Rabu (28/6/2023).

Kendati, atas alasan menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam lainnya, penyembelihan hewan kurban diimbau dilakukan pada Kamis (29/6/2023).

"Menunaikan ibadah kurban sesuai dengan sunah nabi. Penyembelihan dapat dilakukan pada 28 Juni 2023. Demi menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam yang masih berpuasa Arafah, dianjurkan penyembelihan hewan kurban pada 29 Juni 2023," tulis surat edaran yang diunggah di akun resmi Twitter Muhammadiyah, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Petugas Temukan Cacing Hati pada Sapi Kurban di Jogodayuh Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya