Bayar Parkir di Stasiun Yogyakarta Gak Bisa Cash Mulai September

Pembayaran hanya dengan kartu uang elektronik

Yogyakarta, IDN Times - Buat kamu yang biasa menggunakan angkutan kereta api, siap-siap. Transaksi untuk parkir di Stasiun Yogyakarta berubah mulai 1 September 2023. Siapkan kartu uang elektronik untuk pembayaran.

"Sudah diberlakukan secara penuh (pembayaran cashless mulai 1 September 2023)," ujar Manager Humas PT KAI Services, Nyoman Suardhita, Kamis (10/8/2023).

1. Pembayaran dengan cash tidak lagi diterima

Bayar Parkir di Stasiun Yogyakarta Gak Bisa Cash Mulai SeptemberIlustrasi menerima uang tunai. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Nyoman menyebut pembayaran transaksi untuk parkir secara tunai akan diberhentikan juga mulai 1 September 2023. Dikatakannya pembayaran secara nontunai sebenarnya sudah berlaku, hanya saja hingga akhir Agustus nanti masih melayani pembayaran tunai.

"Sebenarnya di sana sih sudah cashless semua, tapi masih dibuka pembayaran cash. Cash akan diberhentikan per 1 September 2023," ungkapnya.

2. Tinggal sosialisasi ke masyarakat

Bayar Parkir di Stasiun Yogyakarta Gak Bisa Cash Mulai SeptemberKartu Multi Trip. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Nyoman mengatakan segala persiapan sudah dilakukan. Termasuk persiapan sistem, tinggal nantinya sosialisasi ke masyarakat luas. Nantinya masyarakat bisa menggunakan sejumlah layanan pembayaran dari perbankan.

"Bisa dari BNI dengan Tapcash, BRI Brizzi, lalu BCA dengan Flazz. Lalu, Mandiri dengan E-Money, dan juga bisa dengan KAI Commuter, KMT (Kartu Multi Trip)," kata dia," ungkap Nyoman.

Baca Juga: Terowongan Stasiun Yogyakarta Difungsikan Lagi, Penumpang lebih Aman 

3. Keuntungan penggunaan metode cashless

Bayar Parkir di Stasiun Yogyakarta Gak Bisa Cash Mulai SeptemberIlustrasi kereta api. (Dok. PT KAK Daop 6)

Nyoman menyebut dengan metode cashless ini dirasa akan memudahkan para pelanggan PT KAI di Stasiun Yogyakarta. "Akan lebih efektif dan efisien," kata dia.

Disebutnya penggunaan metode nontunai ini sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak 2021 di berbagai stasiun di Indonesia. Meski belum begitu, penggunaan metode cashlees belum digunakan secara penuh.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Tugu Yogyakarta Salah Satu Stasiun Tercantik Indonesia

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya