Terowongan Stasiun Yogyakarta Difungsikan Lagi, Penumpang lebih Aman 

Terowongan mempunyai panjang 65,8 meter 

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kembali terowongan Stasiun Yogyakarta, per hari ini, Senin (31/7/2023). Terowongan yang sudah dibangun sejak tahun 1959 ini, akan akan membantu mobilitas para penumpang di Stasiun Yogyakarta.

Terowongan dengan panjang 65,8 meter ini awalnya menggunakan tangga manual dengan dinding dilapisi keramik bernuansa putih. PT KAI merenovasinya dan menambahkan ekskalator, agar underpass dapat memudahkan para dapat berpindah peron lebih nyaman, dan meningkatkan keselamatan. 

1. Tingkatkan layanan belasan ribu penumpang setiap harinya

Terowongan Stasiun Yogyakarta Difungsikan Lagi, Penumpang lebih Aman Terowongan Stasiun Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo menyebut Stasiun Yogyakarta adalah istimewa karena melayani berbagai penumpang, dan jumlahnya cukup besar. Stasiun Yogyakarta melayani penumpang KA Jarak Jauh, KRL, KA Prameks, hingga KA Bandara.

"Stasiun Yogyakarta ini memang istimewa karena di sini melayani berbagai macam penumpang, di antaranya KA Jarak Jauh dengan jumlah penumpang sekitar 6 ribuan per hari, KRL dengan jumlah penumpang sekitar 5 ribu orang, KA Bandara dengan jumlah penumpang dengan jumlah 3 ribuan, dan Prameks dengan jumlah penumpang sekitar 3 ribu," ujar Didiek.

2. Dukung kegiatan pariwisata di Yogyakarta

Terowongan Stasiun Yogyakarta Difungsikan Lagi, Penumpang lebih Aman Peresmian Terowongan Stasiun Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Stasiun Yogyakarta sendiri melayani 60 perjalanan KA Jarak Jauh, 42 perjalanan KA Bandara, 24 perjalanan Commuterline dan 8 perjalanan Commuterline Prameks. Dengan kondisi kepadatan Stasiun Yogyakarta tersebut, underpass membantu untuk mengurai kepadatan penumpang.

"Yogyakarta memang luar biasa kegiatan pariwisatanya, sangat menonjol dan merupakan simbol sebagai Kota Budaya dan Kota Pendidikan. Ini menjadikan kereta api selalu tumbuh di Daop 6 Yogyakarta ini," kata Didiek.

Baca Juga: Sejarah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Kereta Tertua di Jogja

3. Interior underpass juga diperbaiki

Terowongan Stasiun Yogyakarta Difungsikan Lagi, Penumpang lebih Aman Terowongan Stasiun Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Untuk menambah kenyamanan, KAI mempercantik interior underpass dilengkapi dengan pencahayaan, ornamen estetis pada dinding, pendingin ruangan, serta papan informasi yang jelas, sehingga pelanggan mudah mengaksesnya. Tak luput dihiasi instalasi sejarah perkeretaapian di Yogyakarta. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung selesainya reaktivasi underpass ini. Semoga memberikan manfaat yang sebesarnya bagi masyarakat dan insyallah dalam pengoperasian sudah disertai SOP termasuk simulasi di dalam menghadapi berbagai skenario sehingga aspek keselamatan jadi hal utama dalam pengoperasian segala fasilitas untuk penumpang yang kita layani," tutup Didiek.

Baca Juga: 6 Tempat Belanja Oleh-oleh Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya