Bank Sleman Jadi BPR Milik Pemda Pertama di Indonesia yang Miliki ATM

Dukung transaksi nontunai

Sleman, IDN Times - Bank Sleman meluncurkan ATM di Grha Sarina Vidi, Mlati, Sleman, pada Selasa (28/11/2023). Peluncuran ini menjadikan Bank Sleman sebagai BPR milik pemda pertama di Indonesia yang mempunyai ATM.

ATM Bank Sleman telah mendapatkan rekomendasi dari Bank Indonesia pada 5 Oktober 2023, serta dari OJK pada 6 November 2023.

"Ini adalah kado terindah untuk ulang tahun Bank Sleman ke-42 ini. Kami juga sudah komunikasi dengan bank Mandiri, nasabah Bank Sleman bisa menarik atau menggunakan ATM Bank Mandiri," ungkap Direktur Utama Bank Sleman, Muhammad Sigit.

1. Dapat dimanfaatkan dengan jaringan ALTO

Bank Sleman Jadi BPR Milik Pemda Pertama di Indonesia yang Miliki ATMDirektur Utama Bank Sleman, Muhammad Sigit. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sigit juga mengungkapkan ATM Bank Sleman dapat ditransaksikan melalui jaringan ATM di seluruh wilayah Indonesia yang tergabung dalam jaringan ALTO. "Terdapat 34 bank yang tergabung pada jaringan ALTO, beberapa di antaranya BCA, BNI, Danamon, BTN, Permata Bank, dan masih banyak lainnya," ucap Sigit.

Awal tahun nanti, Sigit juga mengungkapkan Bank Sleman menarget punya mesin ATM sendiri. "Paling utama di kantor-kantor kami, Pemda itu. Sekarang kan zamannya juga ATM Bersama, lebih efisien," kata dia.

2. Akan kembangkan mobile banking dan QRIS

Bank Sleman Jadi BPR Milik Pemda Pertama di Indonesia yang Miliki ATMBank Sleman meluncurkan ATM di Grha Sarina Vidi, Mlati, Selasa (28/11/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sigit membeberkan, ATM Bank Sleman sendiri memiliki berbagai fitur. Di antaranya tarik tunai, cek saldo, transfer ke bank lain.

"Ke depan segera kami akan melakukan pengembangan baik fitur, maupun layanan seperti mobile banking, QRIS untuk lebih memudahkan para nasabah," ujar Sigit.

Sigit menjelaskan pengembangan ini juga untuk memberikan layanan terbaik pada nasabah. Total nasabah di Bank Sleman saat ini sekitar 80 ribu.

"Saat ini memang banyak nasabah yang menginginkan layanan digital. Program pemerintah juga mendorong transaksi nontunai, ini sebuah keniscayaan," kata dia.

Baca Juga: UMK Sleman 2024 Sudah Diketok, Tunggu Pengumumannya

3. Diharap terus melakukan inovasi

Bank Sleman Jadi BPR Milik Pemda Pertama di Indonesia yang Miliki ATMWakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengapresiasi Bank Sleman yang telah berinovasi dan menggagas layanan ATM. Menurutnya layanan ini akan semakin memudahkan para nasabah dalam bertransaksi di Bank Sleman.

"Ke depannya saya harap Bank Sleman juga mengembangkan layanan e-banking yang mudah, aman dan terpercaya. Dengan layanan ini diharapkan nasabah Bank Sleman dapat memanfaatkan fasilitas e-banking sebagai digital payment," ucapnya.

Baca Juga: PPN Rumah Digratiskan, Harga Hunian di DIY Jadi Segini

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya