Atap SD Gunungkidul Runtuh Disdikpora DIY Minta Peninjauan Bangunan   

Atap runtuh pukul 07.00 WIB saat siswa mulai belajar 

Yogyakarta, IDN Times – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) angkat bicara tentang atap SD Muhammadiyah di Bogor, Playen, Selasa (8/11/2022) runtuh saat pelajaran berlangsung.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan permasalahan gedung akan berkomunikasi dengan dinas pendidikan kabupaten. “Kalau jenjang SD dan SMP kita komunikasi dengan teman di Kabupaten Kota. Kebetulan yang itu satuan pendidikan diselenggarakan oleh masyarakat. Kita komunikasi dengan penyelenggara pendidikan itu sendiri,” ucap Didik, Selasa (8/11/2022).

1. Konsep bangunan perlu dipertimbangkan

Atap SD Gunungkidul Runtuh Disdikpora DIY Minta Peninjauan Bangunan   Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Disdikpora DIY akan melihat langsung kondisi sekolah yang mengakibatkan sejumlah anak mengalami luka-luka tertimpa atap. 

“Kalau masalah pindah dan tidak pindah kita lihat, kalau dulu sekolah-sekolah di Kawasan Rawan Bencana (KRB) seperti 100 meter dari jalur sungai, pelan-pelan kita pindahkan. Artinya kita menjauh dari itu, direlokasi. Seperti dulu contoh SMK Cangkringan itu juga sudah kita pindahkan dan banyak sekolah yang sudah dipindahkan,” ujar Didik.

2. Jika bangunan masuk rawan bencana, Disdikpora DIY minta dihindari

Atap SD Gunungkidul Runtuh Disdikpora DIY Minta Peninjauan Bangunan   Atap kelas runtuh timpa murid di Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Terkait bangunan jika termasuk rawan bencana, Didik meminta untuk dihindari atau tidak digunakan. Laporan itu akan diteruskan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dilakukan renovasi.

"Kita antisipasi dan mitigasi, kalau memang bangunan tersebut memang rawan seharusnya tidak dipakai. Sekolah akan melapor ke Disdikpora lalu dinas melapor ke PU dan akan meneliti dan mengerjakan," terangnya.

 

Baca Juga: Atap Kelas SD Muhammadiyah Gunungkidul Runtuh, Sejumlah Murid Terluka 

3. Atap runtuh pukul 07.00 WIB saat siswa mulai belajar

Atap SD Gunungkidul Runtuh Disdikpora DIY Minta Peninjauan Bangunan   Atap runtuh timpa murid di Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Atap ruangan kelas SD Muhammadiyah Bogor, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul runtuh saat pelajaran berlangsung. Akibatnya sejumlah murid mengalami luka-luka.

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan sekitar pukul 07.00 WIB saat murid sedang belajar, tiba-tiba atap kelas yang berada di lantai runtuh. "Tiba-tiba runtuh. Setelah mendapatkan laporan itu kami datang ke lokasi kejadian," ujarnya, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Peyuyon, Hidden Gem Eksotis di Gunungkidul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya