Rentan Kena COVID, PKL Lansia di Malioboro Diminta Tak Jualan

Pemkot Kota Jogja tak ingin ada kasus pedagang positif lagi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Malioboro, yang berusia lanjut usia (lansia) dan memiliki riwayat penyakit penyerta diimbau tidak berjualan. Hal ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi potensi penularan COVID-19.

kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi meminta keluarga atau karyawan yang lebih muda menggantikan tugas PKL lansia. 

“Ini adalah bagian dari upaya mengantisipasi penularan COVID-19. Warga berusia lanjut usia apalagi memiliki penyakit penyerta rentan tertular,” ujar Heroe Poerwadi seperti dilansir dari Antara, Senin (5/10/2020). 

 

1. Jumlah PKL Malioboro yang berusia lanjut sekitar 250 orang

Rentan Kena COVID, PKL Lansia di Malioboro Diminta Tak JualanIlustrasi PKL (IDN Times/Febriana Sinta)

Heroe pun memastikan seluruh PKL berusia lanjut di kawasan Malioboro mematuhi imbauan tersebut. 

“Jumlah pedagang yang berusia lanjut, lebih dari 60 tahun tidak banyak. Sekitar 10 persen saja dari sekitar 2.500 pedagang. Imbauan itu sudah kami sampaikan melalui komunitas,” katanya.

Tak hanya bagi pedagang yang sudah lanjut usia, imbauan ini juga berlaku untuk pedagang yang tidak sehat.

“Dan yang pasti, seluruh pedagang tetap harus menjalankan seluruh protokol kesehatan. Semuanya pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” katanya.

Baca Juga: Malioboro Dikepung COVID-19, Pedagang Pasar Beringharjo Positif

2. Imbauan ini tidak berlaku bagi pengemudi becak dan andong

Rentan Kena COVID, PKL Lansia di Malioboro Diminta Tak JualanKusir andong menunggu calon penumpang di kawasan Malioboro, Kamis (17/6). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Sedangkan untuk pengemudi becak dan andong yang berusia lanjut, lanjut dia, masih tetap diizinkan untuk bekerja karena dua profesi tersebut membutuhkan keahlian khusus.

“Untuk andong juga sudah diberi pembatas plastik begitu pula dengan becak. Jika tidak dilengkapi pembatas, maka tidak boleh masuk Malioboro,” katanya.

3. Selain itu pedagang yang kembali dari luar kota diminta tidak berjualan sementara waktu

Rentan Kena COVID, PKL Lansia di Malioboro Diminta Tak JualanSuasana saat penutupan jalan Malioboro. IDN Times/Febriana Sinta

Sementara itu Ketua Kelompok 10 Paguyuban PKL Tridharma Malioboro Paul Zulkarnaen mengatakan sudah menyampaikan imbauan tersebut ke kelompoknya.

“Selain untuk pedagang berusia lanjut dan sakit, kami juga memberikan edukasi apabila ada pedagang yang baru kembali dari luar kota untuk lebih baik di rumah terlebih dulu karena kondisinya baru seperti ini,” katanya.

Sebelumnya seorang pedagang kaki lima di kawasan Malioboro terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia. Hasil tracing juga ditemukan beberapa pedagang positif COVID-19.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan, atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Tak Ingin Buat Susah, Sultan Minta Warga Adaptasi di Tengah Pandemik  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya