Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diperkirakan Naik hingga 7 Persen  

Puncak kedatangan diperkirakan terjadi 2 kali

Yogyakarta, IDN Times - Libur Natal dan akhir tahun meningkatkan jumlah penumpang bus di Terminal Giwangan Kota Yogyakarta. Kenaikan diperkirakan meningkat sekitar lima hingga tujuh persen. 

Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Giwangan saat libur akhir tahun dipicu tidak ada lagi pembatasan perjalanan yang diterapkan pemerintah.

1. Puncak kedatangan diperkirakan terjadi 2 kali

Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diperkirakan Naik hingga 7 Persen  Ilustrasi Terminal Giwangan, Yogyakarta IDN Times/Nindias Khalika

Puncak arus kedatangan penumpang terjadi diprediksi terjadi pada 23 - 24 Desember dan pada 30 - 31 Desember 2022. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 24 - 25 Desember dan 31 Desember - 1 Januari 2023.

"Puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi dua kali. Menjelang Natal dan menjelang tahun baru 2023," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunant, Senin (19/12/2022). 

 

2. Lebih dari 52 ribu penumpang tiba di Terminal Giwangan

Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diperkirakan Naik hingga 7 Persen  Terminal Giwangan Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Saat libur akhir tahun pada 2021, total jumlah penumpang yang tiba di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 50.207 penumpang, maka pada tahun ini diperkirakan naik 5,35 persen. Sedangkan penumpang yang diberangkatkan diperkirakan naik 7,1 persen dibanding total penumpang tahun lalu sebanyak 78.210 orang.

"Kami masih akan mengoptimalkan armada reguler yang diberangkatkan untuk memenuhi kebutuhan penumpang, belum menyiapkan armada tambahan," katanya.

Baca Juga: Stan Pasar Malam di Tugu Jogja Expo Mulai Dibongkar  

Baca Juga: Pemkab Sleman Ingatkan Pelaku Wisata Jangan 'Nuthuk' selama Nataru

3. Sebanyak 1.163 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP)

Penumpang Bus di Terminal Giwangan Diperkirakan Naik hingga 7 Persen  Ilustrasi bus pariwisata di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta. (ANTARA/Eka AR)

Di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 1.163 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) reguler yang melayani penumpang dengan berbagai tujuan seperti Jakarta, beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali dan beberapa kota di Pulau Sumatera.

"Kami rutin melakukan ramp check untuk memastikan kelaikan armada bus untuk mendukung keamanan penumpang selamat sampai tujuan," katanya.

 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Hits di Jogja Ini Cocok untuk Libur Nataru 2023

Baca Juga: Jelang Nataru, Keberadaan Eks Napi Teroris di Sleman Dipantau 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya