Jelang Nataru, Keberadaan Eks Napi Teroris di Sleman Dipantau 

Cegah aksi terorisme saat nataru

Sleman, IDN Times - Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman bersama jajaran TNI dan Polri memantau eks napi teroris yang berdomisili di wilayah Sleman. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya terorisme. 

1. Belajar dari kejadian bunuh diri di Bandung

Jelang Nataru, Keberadaan Eks Napi Teroris di Sleman Dipantau Ilustrasi teroris. IDN Times/Mardya Shakti

Dikatakan Danang antisipasi atau pemantauan ini tidak lepas dari kejadian bom bunuh diri yang terjadi di Bandung, Jawa Barat. "Akan kita pantau dengan TNI Polri, akhir-akhir ini memang perlu kita antisipasi. Kami akan juga bekerja sama dengan pihak terkait. Info intelijen diharap memantau eks narapidana teroris," kata Danang, saat konferensi pers, di Obelix Village, Senin (19/12/2022).

2. Diharapkan peran serta masyarakat

Jelang Nataru, Keberadaan Eks Napi Teroris di Sleman Dipantau Ilustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Danang tidak mengungkapkan berapa jumlah detail eks napiter yang ada di Sleman. Menurutnya hal tersebut bukan menjadi wewenangnya. "Saya tidak berani menyampaikan, biar nanti yang berhak saja," kata Danang.

Danang juga meminta peran dari masyarakat agar turut ambil bagian melakukan pemantauan di sekitar lokasi tempat tinggal. "Monggo (silakan), kalau ada yang mencurigakan dan perlu kita dampingi nanti akan kita dampingi," ujar Danang.

Baca Juga: Urai Kemacetan Libur Nataru, Sleman Siapkan 6 Jalur Alternatif  

3. Pemantauan dan pengawasan saat nataru

Jelang Nataru, Keberadaan Eks Napi Teroris di Sleman Dipantau Ilustrasi teroris. IDN Times/Mardya Shakti

Pemkab Sleman juga melakukan inventarisasi dan pendataan jadwal misa dan kebaktian Natal di seluruh gereja di wilayah Kabupaten Sleman, selain itu juga melakukan penempatan personel pemantauan dan pengamanan tertutup (pamtup) selama peringatan Natal dan malam pergantian tahun. 

Baca Juga: Dispar Sleman Larang Pengelola Wisata Ajak Pengunjung Susur Sungai 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya