Libur Lebaran Jumlah Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta Berkurang

Taman Pintar siapkan bazar makanan dari 25 UMKM

Yogyakarta, IDN Times -  Jumlah kunjungan wisata ke Taman PIntar alami penurunan. Saat libur Lebaran tahun lalu, jumlah wisatawan yang datang mencapai 2 ribu pengunjung. 

“Saat libur Lebaran tahun 2022 itu rata-rata kunjungan per hari 2.200 orang, mungkin dikarenakan tahun ini hari libur cuti bersama lebih banyak di depan, bukan setelah Lebaran, jadi waktunya lebih pendek, sehingga sisa liburnya itu bersamaan dengan arus balik,” jelas Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta Karmila, dikutip laman resmi Pemkot Yogyakarta, Jumat (27/4/2023). 

1. Pengunjung didominasi wisatawan keluarga

Libur Lebaran Jumlah Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta BerkurangKepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta Karmila

Dibandingkan tahun ini jumlah pengunjung saat libur Lebaran setiap harinya adalah 2.172 orang. Ini terjadi mulai dari H+3 Lebaran atau Selasa (25/4/2023).  "Pengunjung yang datang didominasi oleh rombongan keluarga dan beberapa keluarga kecil dari luar kota yang punya sanak saudara di Jogja," terangnya.  

2. Tambahan loket tiket saat libur Lebaran

Libur Lebaran Jumlah Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta BerkurangTaman Pintar (instagram/@tamanpintar_yogyakarta)

Di saat hari libur Lebaran, Taman Pintar menambah satu loket tiket antrean untuk mengurangi kepadatan. “Khusus libur Lebaran ini kami tambah loket tiket untuk mengurangi antrean, kalau hari biasa hanya 3 loket, sekarang ada 4 yang dibuka. Zona yang masih jadi favorit pengunjung itu Gedung Oval, karena berisi beragam peraga edukasi untuk anak-anak segala usia,” ujarnya.

 

Baca Juga: Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

3. Planetarium dan Kampung Kerajinan jadi zona yang disukai pengunjung

Libur Lebaran Jumlah Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta BerkurangTaman Pintar Yogyakarta (instagram.com/oriletsa_osa)

Lajut Karmila, Planetarium dan Kampung Kerajinan juga menjadi zona yang paling disukai pengunjung. “Selama libur Lebaran, kami juga sediakan bazar makanan dari 25 UMKM kuliner dari Kota Jogja di sisi timur. Kami berikan ruang untuk UMKM dan juga memberikan pilihan jajanan yang lebih bervariasi lagi bagi pengunjung,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Libur Lebaran Jumlah Pengunjung Taman Pintar Yogyakarta Berkurang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya