Comscore Tracker

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Wisata edukasi di Yogyakarta yang menyenangkan bagi anak 

Saat jalan-jalan ke Kota Yogyakarta, jangan lupa menyempatkan diri mampir ke Taman Pintar. Wisata edukasi yang dibuka sejak Desember 2018 ini, menawarkan pengalaman belajar dan bermain yang menyenangkan tak hanya bagi anak tapi juga orang dewasa.

Kunggulan Taman Pintar ini adalah, terdapat banyak zona atau wahana menarik yang bisa kamu kunjungi. Berada di tengah kota sehingga mudah diakses dan harga tiket masuknya yang tak menguras kantong. Penasaran ada apa saja di Taman Pintar, berikut informasi lengkapnya

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsTaman Pintar (instagram/@tamanpintar_yogyakarta)

Lokasi : Jalan Panembahan Senopati no1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta

Jam buka : Hari Selasa hingga Minggu, mulai jam 08.30-16.00 WIB

Harga tiket : Anak Rp10ribu, dewasa Rp18ribu

2. Rute menuju Taman Pintar

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsDoc/Holy Kartika N.S

Taman Pintar berada di tengah Kota Yogyakarta sehingga sangat mudah untuk menjangkau tempat wisata edukasi ini. Bahkan hanya berjarak 2 menit dari Titik Nol Kilometer.

Jika kamu dari Jalan Malioboro, ambil arah lurus ke selatan atau arah lampu merah perempatan Titik Nol yang berada di dekat Benteng Vredenburg. Belok kiri atau ke Timur dan ikuti trotoar sampai menemukan Halte Trans Jogja Senopati 1, Taman Pintar tepat berada di sebelahnya.

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan naik bus Trans Jogja 1A trayek Prambanan - Malioboro, turun di Halte Senopati 1. Jika dari Bandara Adi Sucipto pilih bus Trans Jogja 1B dan turun di halte yang sama yaitu Halte Senopati 1. Sedangkan dari Terminal Jombor, naiklah bus Trans Jogja 2B dan turun di Halte Senopati 1. Selain menggunakan transportasi Trans Jogja, ada banyak alternatif transportasi kamu., antara lain becak dan andong. 

Baca Juga: Rumah Hantu Malioboro, Wahana Baru di Jogja yang Bikin Merinding!

Baca Juga: 7 Kafe Dekat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nyaman di Kantong 

3. Fasilitas yang ada di Taman Pintar

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsTaman Pintar Yogyakarta (instagram.com/jogja_jalan_jalan)

Di dalam Taman Pintar terdapat sebanyak 9 gedung dengan total 35 zona dan 3.500 alat peraga. Di mulai dari Gedung PAUD yang terletak di sebelah Barat dan Timur yang berisi alat peraga untuk anak usia dini, gedung oval yang berisi tentang ilmu sains, gedung planetarium yang berisi penjelasan dan film tentang tata surya, gedung kotak yang berisi ilmu sains terapan seperti teknologi informasi.

Ada pula kampung kerajinan untuk mengasah kreativitas anak dan orang tua dalam membuat gerabah, membatik dan melukis. Zona hiburan seperti wahana bahari yang berisi kapal mini untuk anak mengelilingi gedung gedung di area tersebut juga tersedia.

Zona lainnya adalah perpustakaan, science theater dan playground yang bisa diakses gratis oleh pengunjung. Terdapat beberapa mainan unik yang bisa mengasah ilmu pengetahuan anak, salah satunya tembok berdendang, pipa gema dan lainnya. Di beberapa zona, pengunjung wajib membeli tiket dengan kisaran Rp12ribu untuk anak-anak dan Ro20ribu untuk dewasa. 

4. Aktivitas yang bisa dilakukan

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsPotret Taman Pintar Yogyakarta (instagram.com/tamanpintar_yogyakarta)

Di Taman Pintar semua bisa mempelajari banyak hal mulai dari sains, sejarah, seni, matematika dan lainnya. Aktivitas lain yang tak kalah menarik di kampung kerajinan, anak dan orang dewasa bisa belajar membuat kerajinan batik, gerabah, bahkan melukis kaos.

Selain belajar di Taman Pintar, anak juga bisa bermain sepuasnya dengan alat-alat yang tersedia di sana. 

5. Tips wisata yang perlu diperhatikan

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan TipsTempat wisata Taman Pintar di Kota Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Kumoro

Tempatnya yang cukup luas dan terbagi-bagi menjadi beberapa zona, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar wisatamu ke Taman Pintar nyaman dan berkesan

  • Awasi dan perhatikan anak dengan seksama agar tidak terpisah. 
  • Perhatikan panduan yang tertera di setiap zona atau wahana Taman Pintar
  • Awasi setiap barang bawaan, sebaiknya tidak terlalu membawa banyak barang agar saat berkeliling tidak terlalu lelah. 
  • Dampingi anak agar tetap aman saat mencoba semua wahana
  • Pilihlah waktu berkunjung di hari biasa dan saat cuaca cerah, agar wisatamu nyaman tanpa terganggu hujan. 
  • Pastikan kondisi anak dan orang tua dalam keadaan sehat. Dan jangan lupa beristirahat saat merasa lelah

Menyenangkan dan bisa menambah ilmu pengetahuan. Taman Pintar Jogja wajib banget masuk ke dalam bucket list wisatamu saat ke Jogja.

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Malioboro yang Buka Sampai Malam, Syahdu Buat Nongkrong

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya